Berikan masing-masing contoh perusahaan atau badan usaha yang termasuk dalam

Berikut ini adalah pertanyaan dari japlukthea pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berikan masing-masing contoh perusahaan atau badan usaha yang termasuk dalam pasar monopoli monopolistik dan oligopoli!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Monopoli: PLN, KAI, PDAM

Monopolistik: TV, pakaian, air mineral, sabun

Oligopoli: Semen, perusahaan otomotif , rokok

Penjelasan:

Pasar Monopoli adalah Suatu bentuk pasar di mana hanya ada satu perusahaan saja. Perusahaan tersebut menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat, serta keuntungan yang diperoleh melebihi normal.

Pasar Monopolistik adalah pasar dengan banyak produsen yang menghasilkan komoditas berbeda karakteristiknya. Pada jenis pasar ini, produsen menawarkan satu jenis barang dengan berbagai ciri produk yang berbeda-beda dari segi kualitas, bentuk, dan ukuran.

Pasar Oligopoli adalah struktur pasar dengan sejumlah kecil produsen atau pedagang di mana di antaranya pemain tersebut bisa secara signifikan mempengaruhi satu sama lain.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sasyadhisti dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 25 Apr 22