Tuliskan 13 bukti transaksi dan masuk ke jurnal apa!

Berikut ini adalah pertanyaan dari Jazilul494 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tuliskan 13 bukti transaksi dan masuk ke jurnal apa!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Berikut ini beberapa bentuk bukti-bukti transaksi pada perusahaan dagang.

1) Faktur

Bagi penjual, faktur akan menjadi bukti penjualan yang disebut faktur penjualan. Sedangkan bagi pembeli, faktur menjadi bukti pembelian (faktur pembelian). Jumlah yang dicatat oleh pembeli maupun penjual adalah jumlah akhir faktur.

2) Nota Kredit

Kadang-kadang barang yang diperjualbelikan harus dikembalikan dengan alasan karena rusak, tidak sesuai dengan yang dipesan, dan lain-lain. Oleh karena itu penjual akan membuat suatu bukti transaksi yang merupakan kebalikan dari faktur penjualan, yaitu nota kredit. Bagi penjual, nota kredit akan menjadi bukti penerimaan kembali (retur penjualan). Sedangkan bagi pembeli, nota kredit akan menjadi bukti penerimaan kembali (retur pembelian).

3) Kuitansi

Setiap pengeluaran oleh perusahaan perlu dibuatkan kuitansi yang ditandatangani oleh si penerima pembayaran. Bagian perusahaan, kuitansi ini akan menjadi bukti pembayaran (pengeluaran uang). Sedangkan bagi penerima, kuitansi ini akan menjadi bukti penerimaan uang.

4) Nota debit

Nota debit merupakan bukti transaksi pengembalian barang yang cacat atau tidak sesuai yang dibuat oleh pembeli untuk mengembalikan barang yang telah dibeli sebelumnya.

5) Nota kontan

Nota kotan adalah bukti transaksi penjualan barang yang diberikan penjual kepada pembeli sebagai bukti bahwa pihak pembeli telah melakukan pembelian barang dan melakukan pembayaran barang secara kontan. Nota kontan biasa dibuat oleh anak-anak organisasi yang butuh bukti pembelian barang sebagai laporan pertanggung jawaban.

6) Bukti memorial

Bukti memorial atau memorandum atau bukti memo merupakan bukti transaksi perusahaan dagang yang berisi kejadian-kejadian yang berlangsung dalam perusahaan yang dibuat oleh pimpinan atau pejabat berwenang perusahaan dagang. Contoh bukti memorial adalah memo untuk mencatat gaji pegawai.

7) Bukti kas masuk

Bukti kas masuk adalah bukti atas penerimaan kas yang dibuat oleh perusahaan.

8) Bukti kas keluar

Bukti kas keluar adalah bukti atas pengeluaran kas yang dibuat oleh perusahaan yang berhubunga dengan pembelian.

9) Voucher

Voucher merupakan bukti atas pengeluaran kas yang dibuat oleh perusahaan tetapi tidak berhubungan dengan pembelian.

10) Cek

bukti transaksi perusahaan dagang

Cek bisa digunakan sebagai bukti transaski perrusahaan dagang karena dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Nasabah yang memiliki rekening pada suatu bank tetapi tidak ingin melakukan pembayaran secara tunai, maka ia bisa menggunakan cek. Perusahaan dagang hanya perlu menyerahkan cek kepada bank dan memperoleh pembayaran atas transaksi tersebut. Baca juga : jenis-jenis cek

11) Rekening Koran

Rekening Koran adalah bukti untuk mutasi kas di bank yang disusun oleh pihak bank untuk para nasabahnya

12) Bilyet giro

Bilyet giro dapat digunakan sebagai alat pembayaran, sama halnya seperti cek, sehingga dapat dijadikan bukti transaksi perusahaan dagang.

13) Bukti setoran bank

Dalam melakukan transaski dagang, terkadang perusahaan dagang akan melakukan pembelian dengan cara setoran langsung ke bank. Bukti setoran bank ini menjadi bukti transaksi perusahaa dagang.

Penjelasan:

semoga membantu, rate dan jadikan jawaban terbaik ya❤️

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hani0899 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Jul 21