3. Sebutkan kewenangan apa saja yang dimiliki dalam rangka melaksanakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari rehepoku pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Sebutkan kewenangan apa saja yang dimiliki dalam rangka melaksanakan kekuasaan untuk melaksanakan pengelolaan keuangan negara? Jelaskan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut ini kewenangan yang dimiliki untuk melaksanakan kekuasaan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan negara:

  1. Hak pemerintah untuk memungut pajak, mengeluarkan dan mendistribusikan uang, dan memberikan kredit.
  2. Kewajiban negara untuk melakukan misi pelayanan publik dan membayar tagihan pihak ketiga untuk pemerintah negara bagian.
  3. Penerimaan negara
  4. Belanja Pemerintah atau pengeluaran negara

Pembahasan:

Keuangan negara adalah semua hak dan kewajiban pemerintah yang dapat dinilai secara finansial, dan semuanya berupa uang atau barang dagangan yang dapat dijadikan milik pemerintah sehubungan dengan pemenuhan hak dan kewajiban tersebut. Keuangan adalah aspek terpenting dari proses administrasi. Jika keuangan pemerintah kacau atau tidak stabil, proses pembangunan tidak akan berjalan mulus. Bentuk pengelolaan keuangan pemerintah tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). APBN dibuat oleh pemerintah dan akan dibahas dengan DPR dengan memperhatikan pertimbangan  DPD. Anggaran negara ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk kepentingan bersama. Sumber penerimaan pemerintah APBN adalah penerimaan pajak, penerimaan bukan pajak, dan subsidi. Pengelolaan keuangan negara menjadi tanggung jawab presiden sebagai kepala pemerintahan. Namun, presiden tidak bekerja sendiri, melainkan didukung oleh lembaga-lembaga lain dalam suatu negara.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang keuangan negara, pada: yomemimo.com/tugas/14173312

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 09 Aug 22