1. Apa yang kamu ketahui tentang gerhana matahari?Jawab: ......2. Jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari mutmainahp9 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Apa yang kamu ketahui tentang gerhana matahari?Jawab: ......

2. Jelaskan proses terjadinya gerhana bulan dari awal hingga akhir!
Jawab: ........

3. Apa perbedaan antara kalender Masehi dengan kalender Hijriah?
Jawab: .......

4. Mengapa tahun kabisat pada kalender Masehi terdiri dari 366 hari?
Jawab:

5. Sebutkan bulan-bulan dalam kalender Hijriah!
Jawab:​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

  1. Gerhana matahari adalah fenomena yang terjadi ketika bulan terletak di antara bumi dan matahari. bulan menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. ... Ketika bumi, bulan, dan matahari sejajar, bayangan bulan jatuh di bumi menutupi matahari.
  2. Proses terjadinya gerhana bulan Biasanya, bulan memantulkan sinar matahari. ... Gerhana bulan total terjadi ketika bulan dan matahari persis berada di antara bumi. Kendati bulan hanya jadi bayangan bumi, sebagian sinar matahari sampai ke bulan. Sinar matahari sampai ke bulan lewat atmosfer bumi.
  3. Kalender hijriah menggunakan perhitungan orbit bulan pada bumi. Sehingga kalender Hijriah disebut sebagai kalender bulan atau kalender lunar. Sebaliknya, kalender masehi menggunakan perhitungan pergerakan matahari. ... Jumlah hari di kalender masehi ada 365 hari, sedangkan hijriah ada 354 atau 355 hari.
  4. Karena 1 tahun masehi tidak tepat 365 hari, melainkan ada kelebihan seperempat hari. Kelebihan hari ini ditempatkan pada tanggal 29 Februari. Tahun yang memiliki kelebihan 1 hari menjadi 366 hari, disebut sebagai tahun kabisat atau leap year dalam bahasa Inggris.

5.

Muharram

Shafar.

Rabi'ul Awal

Rabi'ul Akhir

Jumadil Awal

Jumadil Akhir

Rajab

Sya'ban

Ramadhan

Syawal

Zulqaidah

Zulhijjah

Penjelasan:

maaf kalo salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh listianilia4 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 17 Jun 21