4 Perhatikanlah gambar berikut ini! a. Berikanlah keterangan pada panah yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari andrianfelani22 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4 Perhatikanlah gambar berikut ini!a. Berikanlah keterangan pada panah yang ditunjukan oleh huruf A, B, C, dan D!
b. Jelaskanlah mekanisme proses pembentukan urine dari air yang Anda minum!
c. Jika seseorang mengalami keadaan glikosuria, kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian
yang ditandai dengan huruf apakah? Jelaskan!
d. Apakah fungsi keterangan E?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Urine adalah sisa metabolisme tubuh yang mengandung zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh yang melalui proses sekresi ginjal dan dikeluarkan melalui saluran kemih. Sistem perkemihan pada manusia terdiri dari berbagai organ diantaranya ginjal, uretra, ureter, dan kandung kemih. Antar organ kemih tersebut slaing berhubungan satu sama lain, jika terdapat salah satu yang bermasalah, maka organ yang lain pun ikut terganggu. Ilustrasi terkait disertakan dalam lampiran.          

       

Pembahasan :          

a) Tidak bisa terjawab karena gambar tidak disertakan          

b) Proses pembentukan urine :          

  1. Penyaringan  Pada ginjal akan terjadi proses penyaringan darah yang mengandung zat sisa metabolisme karena dapat menjadi racun oleh tubuh. Tahapan penyaringan terjadi di badan malphigi yang terdiri dari glomerulus dan kapsul bowman. Hasil penyaringan ini disebut sebagai urine primer.                                  
  2. Reabsorpsi Pada tahap ini dilakukan penyaringan ulang cairan di tubulus proksimal nefron, tubulus distal, dan tubulus pengumpul. Hasil dari proses reabsorpsi ini disebut sebagai urine sekunder.                                  
  3. Sekresi/Augmentasi Urine yang dibuat pada proses ini mengalir ke bagian tengah ginjal/panggul, kemudian ke ureter dan kemudian tersimpan di kandung kemih dan ke ureter, yang akan dikeluarkan terakhir saat buar air kecil.                                  

c) Jika seseorang mengalami keadaan glikosuria, kemungkinan terjadi masalah pada ginjalnya. Glikosuria adalah kondisi ketika urine mengandung gula yang seharusnya diserap ginjal kembali ke pembuluh darah. Namun kondisi ini seringnya terjadi pada seseorang dengan kadar glukosa dalam darah tinggi/hiperglikemia.                    

d) Tidak bisa terjawab karena gambar tidak disertakan.          

   

Pelajari lebih lanjut          

Pelajari lebih lanjut tentang materi Jenis Urine pada  yomemimo.com/tugas/14163534          

         

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1          

Urine adalah sisa metabolisme tubuh yang mengandung zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh yang melalui proses sekresi ginjal dan dikeluarkan melalui saluran kemih. Sistem perkemihan pada manusia terdiri dari berbagai organ diantaranya ginjal, uretra, ureter, dan kandung kemih. Antar organ kemih tersebut slaing berhubungan satu sama lain, jika terdapat salah satu yang bermasalah, maka organ yang lain pun ikut terganggu. Ilustrasi terkait disertakan dalam lampiran.                  	Pembahasan :          	a) Tidak bisa terjawab karena gambar tidak disertakan          b) Proses pembentukan urine :          	Penyaringan  Pada ginjal akan terjadi proses penyaringan darah yang mengandung zat sisa metabolisme karena dapat menjadi racun oleh tubuh. Tahapan penyaringan terjadi di badan malphigi yang terdiri dari glomerulus dan kapsul bowman. Hasil penyaringan ini disebut sebagai urine primer.                                  Reabsorpsi Pada tahap ini dilakukan penyaringan ulang cairan di tubulus proksimal nefron, tubulus distal, dan tubulus pengumpul. Hasil dari proses reabsorpsi ini disebut sebagai urine sekunder.                                  Sekresi/Augmentasi Urine yang dibuat pada proses ini mengalir ke bagian tengah ginjal/panggul, kemudian ke ureter dan kemudian tersimpan di kandung kemih dan ke ureter, yang akan dikeluarkan terakhir saat buar air kecil.                                  	c) Jika seseorang mengalami keadaan glikosuria, kemungkinan terjadi masalah pada ginjalnya. Glikosuria adalah kondisi ketika urine mengandung gula yang seharusnya diserap ginjal kembali ke pembuluh darah. Namun kondisi ini seringnya terjadi pada seseorang dengan kadar glukosa dalam darah tinggi/hiperglikemia.                    	d) Tidak bisa terjawab karena gambar tidak disertakan.              	Pelajari lebih lanjut          	Pelajari lebih lanjut tentang materi Jenis Urine pada  https://brainly.co.id/tugas/14163534                    #BelajarBersamaBrainly #SPJ1          

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22