2 Di Indonesia, tepatnya di Kalimantan Barat pernah terjadi kasus

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Di Indonesia, tepatnya di Kalimantan Barat pernah terjadi kasus antaretnis yaitu Madura dan Dayakyang menyisakan luka batin yang amat mendalam. Bukan saja bagi etnis yang bersangkutan, juga
bagi seluruh Bangsa Indonesia. Sebab, kasus tersebut telah merenggut korban jiwa yang tidak
sedikit dari kedua belah pihak. Apakah kasus tersebut dapat dikategorkan sebagai genosida sebab
ada indikasi adanya pembersihan etnis Madura di beberapa daerah di Kalimantan Barat?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pembersihan Etnis Madura yang terjadi di Kalimantan Barat merupakan salah satu kegiatan genosida yang tidak dapat dibiarkan. Karena tindakan tersebut dapat memicu peperangan antar suku lainnya dan mengancam integrasi bangsa.

Pembahasan:

Genosida adalah pembantaian  sistematis terhadap satu atau sekelompok kelompok etnis yang bertujuan untuk menghancurkan suatu bangsa. Genosida terbesar dalam sejarah dunia adalah Holocaust. Holocaust adalah pembunuhan lebih dari 6 juta orang percaya Yahudi Eropa oleh Nazi dari tahun 1941 hingga 1945. Kriteria kriminal, termasuk genosida, meliputi: Pembunuhan terencana terhadap anggota kelompok.

Hal ini menyebabkan tekanan fisik dan mental yang serius bagi anggota kelompok. Penciptaan kondisi kehidupan yang dapat menyebabkan kepunahan fisik atau sebagian kelompok.

Gerakan obsesif anak-anak dari satu kelompok ke kelompok lain. Pasal 8, Pasal 26, 2000 tentang Hukum Republik Indonesia, Pengadilan Hak Asasi Manusia mengklasifikasikan pelanggaran berat hak asasi manusia menjadi dua jenis: genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa kasus genosida yang sangat mengejutkan. Pembunuhan yang menewaskan puluhan bahkan ratusan ribu orang dilakukan dengan berbagai alasan.  Genosida merupakan salah satu kejahatan yang merupakan pelanggaran berat hak asasi manusia.

Pelanggaran  berat hak asasi manusia adalah pelanggaran yang  mengancam jiwa dan pada dasarnya berbahaya. Contoh peristiwa seperti  pembunuhan, penculikan, penganiayaan, perampokan,  dan perbudakan.

Di Indonesia sendiri, hukuman untuk kejahatan genosida diatur oleh Pasal 400 dan 401 KUHP, dan siapa pun yang melakukan genosida menghadapi hukuman. Hukuman termasuk: Kematian atau penjara seumur hidup.  Pidana penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang genosida pada yomemimo.com/tugas/2825635

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 16 Sep 22