Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan, perjanjian pasar bebas alias freetrade

Berikut ini adalah pertanyaan dari apriyantoedi3 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan, perjanjian pasar bebas alias freetrade agreement (FTA) bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Menurut wacana di atas, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena: *

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pasar bebas atauFree Trade Marketadalah istilah yang digunakan untuk keadaan pasar bebas dimana kondisi pasar dan kebijakan yang mengatur di dalamnya tidak memiliki patokan pasti dalam hal jual- beli dan kegiatan bertranksaksi. Sesuai dengan namanya yaitu pasar bebas, setiap pihak yang terlibat didalamnya bebas melakukan aktivitas ekonomi dan menetapkan kebijaikan yang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Pasar bebas disebut juga globalisasi ekonomi dan perdagangan. Karena dalam pasar ini seluruh kegiatan ekonomi dari berbagai negara tidak memiliki batasan yang pasti dan standar yang mengatur dengan ketat.

Pembahasan

Seiring dengan berkembangnya globalisasi dan teknologi. Perkembangan ini pun juga terjadi pada sisi ekonomi diseluruh dunia. Sejak adanya free trade market atau pasar bebas. Dunia berubah menjadi pasar ekonomi yang bebas, luas dan dapat dimanfaatkan dari sisi manapun.

Munculnya pasar bebas ini mendorong banyak negara melakukan banyak kegiatan ekonomi dan perdagangan tanpa sekat dan standar antar negara. Sehingga perkembangan ekonomi dari sebuah negara bisa menjadi acuan dan tolok ukur dari negara lain dalam hal perdagangan.

Fungsi Pasar Bebas

Pasar bebas memiliki berbagai maca fungsi dalam perekonomian sebuah negara. Berikut diantaranya:

1. Pasar bebas bisa memberikan informasi dan juga memberikan info lebih akurat tentang harga dan jumlah permintaan barang pasar. Pasar bebas juga biasanya dilengkapi dengan sumber terpercaya dari berbagai macam perusahaan yang memiliki data akurat yang bisa dimanfaatkan untuk acuan menentukan harga .

2. Pasar bebas dapat memberikan dorongan pada para pengusaha agar dapat mengembangkan usaha mereka serta memperoleh keahlian modern.

3. Pasar bebas memberikan kesempatan sepenuhnya pada masyarakat untuk dapat melakukan kegiatan ekonominya tanpa campur tangan negara secara langsung.

JAWABAN: Pasar bebas tidak perlu dikhawatirkan karena kegiatan ini memiliki banyak dampak positif untuk Indonesia diantaranya adalah.

  • Peningkatan pariwisata dan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.
  • Peningkatan pendapatan nasional negara.
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas berbagai macam produk di dalam negeri.
  • Mendorong peningkatan ekonomi dan perdagangan internasional di Indonesia.
  • Mendorong pertukaran ilmu pengetahuan  dalam berbagai bidang.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian perdagangan internasional yomemimo.com/tugas/1525915
  2. Materi tentang pengertian perdagangan bebas yomemimo.com/tugas/1981394
  3. Materi tentang contoh perdagangan bebas yomemimo.com/tugas/1722118

--------------------------------------------------

Detail tambahan

Kelas          : IX

Mapel         : Ilmu Pengetahuan Sosial

Bab            : Bab 7 - Perdagangan Internasional

Kode          : 9.10.7

#TingkatkanPrestasimu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nurulana12 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 10 Jun 21