Perbedaan asuransi syariah dan konvensional

Berikut ini adalah pertanyaan dari pritasafiyya459 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Perbedaan asuransi syariah dan konvensional

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Asuransi Syariah merupakan suatu sistem yang para anggotanya memberikan sebagian atau seluruh sumbangan yang akan dipakai untuk membayar sebuah permintaan, jika terjadi suatu musibah atau permasalahan yang dialami oleh anggotanya. Maka perusahaan hanya berperan sebagai pengelolaan operasional asuransi dan investasi saja. Kemudian untuk Akad yang dilakukan dalam asuransi syariah ini didasarkan pada rasa tolong menolong.  Pembagian keuntungannya dilakukan dengan membagi antara perusahaan dengan anggota sesuai prinsip bagi hasil yang telah ditentukan.  Sedangkan pada asuransi konvensional merupakan sistem dimana sebuah perusahaan yang mengelola dan menentukan dana perlindungan yang digunakan untuk para nasabah berasal dari pembayaran premi per bulan. Dalam asuransi konvensional akad yang digunakan ini berdasarkan atas jual beli. Dan kemudian untuk seluruh keuntungan yang didapatkan akan menjadi hak milik perusahaan.

Pembahasan

Asuransi merupakan sebuah jaminan perlindungan agar memperoleh penggantian dari kejadian yang tidak terduga yang dapat terjadi, misalnya seperti kematian, sakit, dan lain sebagainya. Tujuan adanya asuransi yaitu dapat memberikan rasa aman, sebagai pengendali atas kerugian, dan juga sebagai bentuk investasi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Asuransi dapat disimak pada link yomemimo.com/tugas/14112540

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22