Tuliskan ketentuan membuat ayat jurnal penutup yang mendapat laba.

Berikut ini adalah pertanyaan dari PranajaRafi576 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tuliskan ketentuan membuat ayat jurnal penutup yang mendapat laba.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Ketentuan membuat ayat jurnal penutup yaitu sebagai berikut:

  1. Saldo laba dipindahkan ke akun modal pemilik dengan mendebetnya dari akun ikhtisar laba rugi dan mengkreditnya ke akun modal pemilik.
  2. Saldo rugi dipindahkan ke akun modal pemilik dengan mendebetnya dari akun modal pemilik dan mengkreditnya ke akun ringkasan pendapatan.
  3. Akun modal didebit.
  4. Akun prive dikredit.

Pembahasan

Jurnal penutup digunakan untuk menutup beberapa akun, termasuk pendapatan, pengeluaran, ringkasan laba/rugi, dan rahasia. Jurnal penutup adalah dokumen yang mencatat transaksi yang terjadi dalam suatu periode akuntansi. Dokumen ini digunakan untuk mentransfer saldo berbagai akun sementara atau akun nominal ke akun permanen di buku besar.

Jurnal ini biasanya dibuat setelah laporan keuangan tahunan perusahaan selesai dibuat. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap akun memiliki saldo 0 (nol) pada awal siklus akuntansi berikutnya, yang merupakan periode baru dalam suatu perusahaan.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ikarikayah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Sep 22