1 Manusia tidak boleh diperlakukan secara diskriminatif. Sebab perbuatan diskriminatif

Berikut ini adalah pertanyaan dari ykariullah pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Manusia tidak boleh diperlakukan secara diskriminatif. Sebab perbuatan diskriminatif itu tidak baikdan sangat menyakitkan. Bahkan bisa saja berakibat hilangnya nyawa seseorang. Oleh sebab itu,
kita semua harus ingat bahwa setiap manusia itu dilahirkan di dunia ini dengan hak yang sama dan
memiliki tanggungjawab serta kewajiban untuk menjaganya. Misalnya saja hak hidup. Terjadi
kasus Marsinah, seorang buruh yang terbunuh, atau kasus meninggalnya seorang wartawan
Harian Bernas Yogjakarta bernam Fuad Muhammad Safrudin alias udin. Bagaimana sebenarnya
yang dimaksud dengan hak hidup dan bagaimanakan proses penegakannya di Indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Hak hidupmerupakanhak asasi yang sangat mendasar bagi diri setiap manusia yang berhubungan dengan segala hal mengenai kehidupan. Sifat keberadaan hak ini tidak dapat ditawar atau dirampas lagi (non derogable rights). Hak untuk hidup  merupakan hak yang mempunyai nilai paling mendasar dari zaman modern. Proses penegakkan hak hidup di Indonesiayaitu dengan adanyapasal 28A UUD 1945danpasal 9 ayat (1) UU HAM yang berisikan tentang pentingnya dan keutamaan dalam jaminan hak untuk hidup.

Pembahasan

Dasar dan keberadaan dari hak asasi manusia pada hakikatnya lahir untuk kepentingan manusia itu sendiri. Hal tersebut berarti bahwa setiap manusia diharapkan dapat menikmati hak asasi yang dimilikinya. Dengan demikian diharapkan manusia menjadi suatu pribadi yang utuh yang di dalam masyarakat tidak mudah larut atau hilang kepribadiannya atau jati dirinya.

Salah satu dari hak asasi manusiatersebut adalahhak untuk hidup. Hak untuk hidupadalahhak asasi yang paling diutamakan dibandingkan dengan hak asasi manusia yang lainnya.  Hal tersebut dikarenakan hak untuk hidup adalah hak yang sudah ada sejak manusia lahir dan merupakan hal yang paling mendasar dalam kehidupan manusia tersebut.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang pengertian, perkembangan, dan macam hak asasi manusia pada yomemimo.com/tugas/1820801

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 16 Sep 22