UD. Maju membeli barang dagang seharga Rp2.500.000,00 dari Toko Sumber.

Berikut ini adalah pertanyaan dari mellaarsyah7 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

UD. Maju membeli barang dagang seharga Rp2.500.000,00 dari Toko Sumber. Berdasarkan perjanjian serah terima barang akan diterima UD. Maju di gudangnya, maka serah terima barang akan membebankan beban angkut pada UD. Maju. Berdasarkan transaksi tersebut, syarat penyerahan barang menggunakan ….

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Transaksi tersebut menggunakan syarat penyerahan barang FOB Shipping Point.

Penjelasan:

Soal di atas menjelaskan bahwa beban angkut ditanggung oleh UD Maju. UD Maju melakukan pembelian dari Toko Sumber.

Syarat penyerahan barang memberi tahu kita soal penanggungjawab yang menanggung beban angkut dan risiko yang terjadi, selama barang dalam pengiriman menuju gudang tujuan. Sehingga jika transaksi di atas menggunakan syarat FOP Shipping point, semua transaksi sudah dapat dicatat di jurnal. Meskipun barang masih dalam perjalanan.

Terdapat dua syarat penyerahan barang yaitu Free on Board (FOB) Shipping Point dan Free on Board (FOB) Destination Point.

Jika FOB Shipping Point sudah dijelaskan di atas, maka saatnya kita memahami FOB Destination Point.

FOB Destination Point merupakan syarat penyerahan barang di mana seluruh beban angkut dan risiko selama pengiriman hingga sampai di gudang tujuan merupakan tanggung jawab penjual. Jadi barang tersebut menjadi milik pembeli saat barang sudah sampai di gudang tujuan atau gudang pembeli.

Sehingga pencatatan di jurnal pun akan dilakukan jika barang sudah sampai di gudang pembeli. Selain itu perlu diingat dalam syarat ini pembeli tidak bisa mengetahui besaran biaya angkut, karena sudah termasuk dalam harga beli.

Pelajari lebih lanjut:

1. Materi tentang syarat FOB Shipping Point yomemimo.com/tugas/8888950

2. Materi tentang syarat FOB Tujuan dalam jurnal yomemimo.com/tugas/20816939

Detail jawaban:

Kelas: 12

Mapel: Akuntansi

Bab: 5 - Penyusunan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang
Kode:
12.12.5

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 16 May 21