sebut kan badan badan usaha yang Anda ketahui dari anggaran

Berikut ini adalah pertanyaan dari rh783381 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebut kan badan badan usaha yang Anda ketahui dari anggaran APBDBESERTA PENJELASAN,NO SINGKAT​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pengertian APBD

APBD adalah singkatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang setiap rancangan keuangan tahunan daerahnya dapaat ditetapkan berdasarkan peraturan daerah yang sudah ada mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Menurut Permendagri Nomor 21 Tahun 2011, APBD merupakan sebuah rencana keuangan tahunan pemerintahan daerah yang dapat dibahas dan disetujui oleh pemerintah daerah dan DPRD, serta ditetapkan oleh peraturan daerah itu sendiri.

1. Dana Alokasi Khusus

Dana yang berawal dari pendapatan APBN yang telah diperuntukan kepada daerah tertentu dengan maksud untuk bisa membantu mendanai kegiatan khusus yang juga merupakan urusan kepentingan daerah dan sesuai dengan yang ditetapkan prioritas nasional.

2. Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih yang diperoleh dari Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Peengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan serta Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah.

3. Dana Alokasi Umum

Sejumlah dana yang harus diperuntukan Pemerintah Pusat kepada setiap Daerah Otonom (Provinsi/Kabupaten/Kota) yang terdapaat di Indonesia yang setiap tahunnya bisa saja digunakan sebagai dana pembangunan.

Baca Juga : Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)

4. Dana Bagi Hasil

Dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dapat dialokasikan kepada daerah yang berdasarkan angka persentase tertentu untuk bisa mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

Unsur-Unsur APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)

Adanya anggaran yang merupakan batas maksimal pengeluaran yang akan dilaksanakan.

Rencana kegiatan suatu daerah, beserta uraiannya secara rinci.

Periode anggaran yang biasanya satu tahun

Diperolehnya sumber penerimaan yang dapat dikaatakan sebagai target minimal untuk dapat menutupi biaya yang terkait dari aktivitas tersebut.

Jenis kegiatan dan proyek yang dapat dicairkan dalam bentuk angka

Fungsi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)

1. Fungsi Stabilisasi

Anggaran daerah yang harus mengandung arti atau harus bisa menjadi alat untuk dapat memelihara dan juga mengusahakan adanya keseimbangan fundamental dalam perekonomian daerah.

2. Fungsi Pengawasan

Anggaran daerah yang dapat menjadi pedoman untuk menilai apakah kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan di daerah tersebut.

3. Fungsi Distribusi

Anggaran daerah yang harus mengandung arti atau menciptakan rasa keadilan dan kepatutan.

4. Fungsi Alokasi

Salah satu fungsi yang bertujuan untuk dapat membagi proporsionalitas anggaran dalam melakukan kegiatan pengalokasian pembangunan dan juga pemerataan daerah.

5. Fungsi Otoritas

Mengandung artian bahwa anggaran negara adalah tonggak atau pokok pelaksanaan pendapatan dan belanja dalam setiap tahunnya.

6. Fungsi perencanaan

Anggaran daerah yang juga dapat dikatakan sebagai pedoman bagi manajemen dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pada tahun yang bersangkutan.

Sumber-Sumber APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)

1. Pajak Cukai

Pungutan biaya suatu negara yang dapat dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang memiliki sifat dan karakteristik tertentu

2. Retribusi

Pembayaran yang dilakukan oleh masyarakat kepada daerahatas pelayanan yang diterima secara langsung atau atas perizinan yang diperoleh.

contohnya : Retribusi Perizinan Tertentu, Retribusi Jasa Usaha dan Retribusi Jasa Umum

Baca Juga : Forecasting Adalah

3. Pajak Penghasilan

Pajak yang bisa saja dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang telah diterima atau diperoleh dalam suatu tahun pajak.

4. Pajak Bumi, dan Bangunan

Pungutan yang diberikan atas kepemilikan tanah dan bangunan baik untuk perorangan maupun instansi/badan

Penjelasan:

maaf klo salah⛅ semoga membantu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nuralif6666 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 08 Jun 21