Untuk menjaga kekonsistenannya PT.ABC tetap mendorong karyawannya untuk selalu belajar sepanjang

Berikut ini adalah pertanyaan dari yaan6572 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Untuk menjaga kekonsistenannya PT.ABC tetap mendorong karyawannya untuk selalu belajarsepanjang waktu. Salah satu buktinya, pintu kamar mandi dan bagian atas urinoir dalam toilet
kantor mereka dihiasi berbagai puzzle dan tips seputar pekerjaan. Rupanya para pimpinan
PT.ABC juga percaya bahwa toilet merupakan salah satu tempat terbaik untuk menemukan
inspirasi.
Dari fenomena yang terjadi pada PT. ABC, menurut Saudara :
1. Mengapa karyawan PT. ABC memiliki karakteristik yang berbeda dengan PT.XYZ?
2. Apa yang harus dilakukan PT. XYZ untuk membentuk budaya oraganisasi baru seperti
PT.ABC?
3. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan PT.XYZ untuk dapat bersaing dengan produk yang
dihasilkan oleh PT.ABC?

JOKI TUGAS UT
WA 087828889690

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Karakteristik karyawan PT. ABC berbeda dengan PT. XYZ karena pengaruh budaya organisasi di dalamnya.
  2. PT. XYZ harus membentuk budaya organisasi baru agar dapat menjadi karakter karyawan PT. ABC.
  3. Langkah yang dilakukan PT. XYZ dalam bersaing dengan produk PT. ABC yaitu dengan mengubah budaya organisasi menjadi lebih kreatif dan membuat differensiasi produk.

Pembahasan:

Budaya tidak hanya mengacu pada budaya dan adat istiadat  yang dimiliki oleh negara Indonesia yang kaya. Padahal, setiap organisasi juga memiliki budaya yang menjadi ciri khasnya. Budaya  organisasi disebut  budaya organisasi. Sebelum kita dapat memahami pengertian  budaya organisasi, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan budaya dan organisasi. Budaya adalah seperangkat pemahaman penting yang dimiliki bersama, diyakini, dan diterapkan oleh anggota komunitas yang sama. Budaya terdiri dari seperangkat nilai, ide, persepsi, preferensi, konsep moral, dan kode etik yang  menciptakan keunikan di antara kelompok-kelompok manusia ini. Di sisi lain, organisasi ini merupakan wadah bagi individu-individu dari  latar belakang yang berbeda untuk bersatu dan bekerja sama sebagai suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama dan tujuan tertentu.

Budaya organisasi adalah sistem keyakinan dan sikap bersama yang berkembang di dalam  organisasi dan memandu tindakan para anggotanya. Selain itu, budaya organisasi  dapat didefinisikan sebagai filosofi, ideologi, nilai, asumsi, keyakinan, harapan, sikap, dan norma yang menyatukan suatu organisasi dan disebarluaskan oleh  karyawannya.

  • Fungsi pertama dari budaya organisasi  adalah untuk memainkan peran yang kuat dalam mendefinisikan batas-batas bermakna yang  membedakan satu organisasi dari yang lain. Misalnya, budaya  kinerja karyawan di Organisasi A minimal 100%. Mungkin Organisasi C belum tentu memiliki tujuan yang sama, sehingga itulah yang membedakan Organisasi A dengan Organisasi C.
  • Kedua, peran budaya organisasi  membantu  menciptakan rasa identitas bagi semua anggota organisasi. Misalnya budaya Organisasi A yang menekankan kedisiplinan dan  benar-benar diterapkan oleh para anggotanya, sehingga anggota Organisasi A  memiliki  identitas sebagai orang yang disiplin.
  • Selain itu, fungsi budaya organisasi  mendorong  anggota untuk mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan individu. Mereka mengakui bahwa kepentingan bersama dalam suatu organisasi harus didahulukan dari kepentingan individu.
  • Fungsi keempat budaya organisasi adalah  meningkatkan stabilitas sistem sosial. Selain itu, budaya organisasi juga dikenal sebagai pedoman untuk menyatukan suatu organisasi dengan memberikan kriteria yang akurat tentang apa yang harus dikatakan  karyawan.
  • Terakhir, berfungsinya budaya organisasi dapat menjadi mekanisme persepsi dan kontrol yang memandu dan membentuk sikap dan perilaku karyawan.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang organisasi: yomemimo.com/tugas/2317843

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Sep 22