Jika suatu perekonomian dalam keadaan lesu atauresesi, maka kebijakan moneter

Berikut ini adalah pertanyaan dari aldorino9794 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jika suatu perekonomian dalam keadaan lesu atauresesi, maka kebijakan moneter yang tepat untuk mengatasi keadaan tersebut adalah

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pada perekonomian dalam keadaan lesu atauresesi, maka kebijakan moneter yang tepat untuk mengatasi keadaan tersebut adalah menurunkan suku bunga. Dengan suku bunga yang rendah maka akan meningkatkan perekonomian.

Pembahasan

Bank-bank sentral di seluruh dunia perlahan-lahan mulai menaikkan suku bunga, meninggalkan era suku bunga rendah, yang merupakan alat untuk mengeluarkan ekonomi dari pukulan pandemi. Suku bunga meningkat, dengan inflasi tinggi atau kenaikan harga komoditas memukul sebagian besar negara karena perang antara Rusia dan Ukraina. Kenaikan suku bunga  juga berarti  biaya pendanaan yang lebih tinggi, yang dapat menghambat investasi karena tingginya biaya investasi terkait. Di sisi lain, kenaikan inflasi telah mendorong banyak negara ke dalam neraca pembayaran yang negatif. Naiknya suku bunga mempengaruhi daya beli barang-barang rumah tangga. Penurunan daya beli dalam jumlah unit rumah baru dapat memperlambat perekonomian dan mendorong ke dalam resesi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang suku bunga: yomemimo.com/tugas/2517343

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh grahatama dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 28 Sep 22