3 Dalam kasus tersebut, maka: 1. Di dalam teori studi perbandingan

Berikut ini adalah pertanyaan dari abdurachmansastrawan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3 Dalam kasus tersebut, maka:1. Di dalam teori studi perbandingan negara terdapat faktor pendorong terciptanya suatu
kebutuhan perbandingan dari administrasi negara, coba berikan analisis apa saja faktor tersebut
dan sampaikan pendapat anda mengenai mengapa faktor kebutuhan tersebut bisa dikatakan
menjadi suatu dorongan?
2. Ketika Noorman berkunjung ke suatu negara maju maka akan ditemukan suatu kelemahan
pendekatan struktural dari perbandingan Sistem Administrasi Negara, coba anda jelaskan
terkait permasalahan tersebut dan berikan solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Faktor pendorong Administrasi negara yaitu politik dan kebijakan publik di suatu negara.
  2. Permasalahan yang dihadapi Administrasi negara yaitu birokrasi yang terlalu berbelit-belit. Solusi agar masalah itu dapat diatasi yaitu dengan memanfaatkan teknologi sebagai efisiensi dari birokrasi.

Pembahasan:

Administrasi Negara diartikan sebagai dukungan administratif dari pemerintah. Dengan kata lain, pemerintah (pelayan masyarakat) tidak dapat menjalankan fungsi dan  kewajibannya tanpa menguasai negara.

Di sisi lain, administrasi negara adalah sub-bidang ilmu politik yang berurusan dengan pengambilan keputusan politik negara dalam hal proses. Administrasi negara sebagai ilmu yang lahir dari kedua ilmu tersebut memiliki dua prasyarat agar dapat dipahami.

Persyaratan pertama adalah mengetahui sesuatu tentang manajemen umum. Syarat kedua, kita harus menyadari bahwa banyak persoalan pemerintahan muncul  dari lingkungan politik.

Dalam debat ilmu sosial pemerintah, ada  tiga elemen penting yang perlu kita ketahui. Ketiga unsur tersebut adalah legislasi, administrasi, dan yudikatif. Terdapat mekanisme kontrol antara ketiga lembaga tersebut agar kekuasaan tidak terkonsentrasi pada satu lembaga. Selain itu, ilmu administrasi terlibat dalam penelitian tentang kebijakan publik, administrasi pembangunan, tujuan pemerintah, etika administrasi, dan banyak lagi.

Jika negara berkomitmen pada demokrasi, pemerintah negara bagian akan berkontribusi pada realisasi tujuan negara sesuai dengan niat nasional dan kewajiban konstitusional. Keinginan umum masyarakat sebagai warga negara meliputi keamanan, kebahagiaan, ketertiban dan keadilan. Dengan memenuhi keinginan penduduk, kehidupan orang akan  lebih baik, lebih aman, dan lebih damai. Oleh karena itu, peran pengelola pemerintahan adalah memberikan kontribusi penuh untuk kepentingan masyarakat.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang administrasi pada yomemimo.com/tugas/2333967

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Sep 22