Masih bingung geng. Cara jual faktor produksi oleh konsumen ke

Berikut ini adalah pertanyaan dari khansamadina pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Masih bingung geng. Cara jual faktor produksi oleh konsumen ke produsen di pasar input itu gimana ya? Saya dapat penjelasan kalau pasar Input itu menjual SDA, SDM, Modal, dan Skill, serta disana dijelaskan juga kita bisa mendapatkan uang dari pasar Input. Maksudnya itu seperti apa contohnya? Apa mungkin kita belajar dan menambah skill lalu bekerja dan dapat gaji, anggap saja kita sudah menyediakan SDM dan skill untuk RTP. Untuk modal anggap saja diambil dari Bank. Lalu SDA? Kepada siapa RTP membayar faktor produksi tersebut? Apakah pemerintah? Terimakasih dan mohon maaf apabila pertanyaannya berbelit

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

rumah tangga konsumen memiliki dan menyediakan faktor produksi kepada rumah tangga produsen.

bagaimana cara menjualnya?

bahasa sederhana nya mungkin seperti ini.

untuk SDA atau tanah artinya rumah tangga konsumen adalah pemilik tanah yang dibutuhkan oleh produsen sebagai tempat usaha atau pabrik nya, sehingga balas jasanya berupa uang sewa yang diberikan kepada rumah tangga konsumen oleh produsen.

untuk SDM, sudah jelas berupa tenaga kerja. sehingga balas jasanya adalah upah.

untuk modal, memang bisa mendapatkan uang dari bank, namun dalam kasus ini yang mendekati pemahaman adalah uang investasi dari perseorangan (rtk) sehingga akan dibalas berupa bunga kepada investor atau pemberi modal.

untuk skill/kewirausahaan, merupakan kemampuan dari individu (rtk) dalam mengelola faktor-faktor produksi yang lain agar dapat memberikan keuntungan. sehingga balas jasa dari pemberi skill tersebut adalah berupa laba atau profit.

semoga dimengerti

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh abdillahfikri22 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 10 Jun 21