bagaimana kondisi sosial, ekonomi, keamanan dan politik diluar negeri dapat

Berikut ini adalah pertanyaan dari indaharrifah324 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

bagaimana kondisi sosial, ekonomi, keamanan dan politik diluar negeri dapat mempengaruhi kondisi ekonomi negara lainnya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Kondisi sosial, ekonomi, keamanan dan politik di luar negeri/sebuah negara mempengaruhi kondisi ekonomi negara lainnya dikarenakan saling ketergantungannya negara-negara di dunia, baik dari segi ekonomi, politik, perdagangan internasional dan lainnya.

Penjelasan: Hal tersebut dapat dibahas dengan Teori ketergantungan.

Dimana teori ketergantungan mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis negara di dunia yang masing-masing menjalankan fungsi yang berbeda dalam perekonomian dunia dan nantinya akan berpengaruh kepada politik dan kehidupan sosial serta keamanan negara tsb.

Fungsi pertama dari negara inti. Ini adalah negara-negara dengan industri maju seperti, Amerika Serikat, Inggris, Perancis. Negara-negara ini memiliki kuasa yang lebih dan menduduki peringkat teratas atas perekonomian dunia/internasional dan industri modern.

Kemudian negara-negara di sekitar negara inti antara lain negara-Kanada, Belanda, dan Swiss, tidak memiliki kekuatan seperti negara inti, namun dari adanya sistem-sistem yang hampir mirip tentunya akan terpengaruh oleh keadaan negara inti. seperti misalnya industri modern negara inti yang terkadang perdagangannya diambil di negara sekitar, bila industri modern tersebut turun, maka negara sekitar negara inti ikut mengalami penurunan demand.

Kemudian negara pusat pinggiran. Negara-negara ini masih berkembang tetapi mereka memiliki cukup banyak kekayaan, biasanya kekayaan yang dimiliki berupa kekayaan yang dihasilkan oleh alam. seperti Afrika Selatan, India, Brasil, dan Indonesia. Negara pusat pinggiran membantu menyokong kebutuhan negara inti dan sekitar inti untuk hal-hal kekayaan alam yang tidak dapat mereka hasilkan disana, sehingga ketika negara inti mengalami masalah baik ekonomi, maupun politik, tentunya permintaan bahan/hal ke negara pusat pinggiran akan menurun dan mempengaruhi stabilitas negara pusat pinggiran.

Terakhir ada negara yang paling terpinggir, seperti Kamboja, Zambia, dan El Salvador. Dimana negara ini membantu negara-negara pusat pinggiran untuk memenuhi kebutuhan negara inti dan sekitar inti, jadi sama seperti tadi, jika negara inti mengalami fluktuasi stabilitas maka jelas negara paling terpinggir akan ikut merasakan dampaknya

Butuh bantuan jawab tugas/buat paper hub no 087860822090

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vitabrt11 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 25 Oct 22