sebutkan dan jelaskan jenis jenis instrumens pasar uang

Berikut ini adalah pertanyaan dari Alwieee pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan dan jelaskan jenis jenis instrumens pasar uang

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Surat Perbendaharaan Negara (SPN)

Surat Perbendaharaan Negara (SPN) adalah instrumen pasar uang yang diterbitkan oleh pemerintah dengan tenor beragam, mulai dari 3 bulan, 6 bulan dan satu tahun.

Sertifikat Bank Indonesia

Sertifikat Bank Indonesia adalah surat berharga dalam Rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito adalah simpanan dalam bentuk deposito termasuk yang berdasarkan prinsip syariah yang sertifikat bukti penyimpanannya dapat dipindahtangankan.

Surat Berharga Komersial (Commercial Paper)

Commercial paper merupakan instrumen pasar uang yang diterbitkan korporasi nonbank dengan tenor maksimal 12 bulan dan dicatatkan di Bank Indonesia.

Repo (Repurchase Agreement)

Repo adalah perjanjian yang melibatkan penjual dan pembeli efek dimana penjual efek akan membeli kembali efek tersebut di harga dan waktu yang telah ditentukan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh anissundari3009 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Jul 21