26.Berikut yang bukan merupakan dampak negatif dari inflasi adalah ....

Berikut ini adalah pertanyaan dari riskaalisawati5 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

26.Berikut yang bukan merupakan dampak negatif dari inflasi adalah .... *
Mark only one oval.
A.Bagi masyarakat berpenghasilan tetap inflasi akan sangat merugikan karena
menurunya nilai uang
B.Menurunkan nilai ekspor karena harga barang ekspor menjadi lebih mahal di luar
negeri
C.Minat orang untuk menabung semakin menurun
D.Mempersulit dalam menghitung harga pokok suatu produk
E.Menurunkan harga-harga sehingga konsumsi masyarakat bisa meningkat​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Yang bukan dampak negatif dari inflasi adalah (E) menurunkan harga-harga sehingga konsumsi masyarakat bisa meningkat.

Pilihan (A), (B), (C), dan (D) salahkarenamerupakan dampak negatif dari terjadinya inflasi. Pilihan (E) sendiri benarkarenabukan merupakan dampak terjadi inflasi, karena pada inflasi harga barang akan menjadi naik dan menurunkan tingkat daya beli masyarakat.

Pembahasan

Inflasi adalah meningkatkanya harga barang secara terus-menerus karena adanya kenaikan permintaan secara mendadak, peredaran uang yang terlalu banyak, kelangkaan, ataupun saluran distribusi yang tidak berjalan lancar. Inflasi pada dasarnya membuat nilai uang menjadi semakin kecil. Ada tiga jenis faktor yang bisa mendorong terjadinya inflasi:

  1. Tarikan permintaan: inflasi yang disebabkan oleh kenaikan permintaan konsumen terhadap suatu produk secara mendadak dan drastis. Biasanya hal ini terjadi karena adanya likuiditas di pasar yang menyebakan masyarakat memegang uang sehingga meningkatkan konsumsi. Karena tingginya  permintaan ini, maka produsen akan meningkatkan harga produknya dan menyebabkan inflasi.
  2. Tekanan produksi atau distribusi: inflasi yang terjadi karena adanya peningkatkan biaya produksi di suatu industri. Hal ini bisa disebabkan oleh kelangkaan bahan baku, peningkatkan biaya faktor produksi, dan kesulitan saluran distribusi yang menyebabkan produsen meningkatkan harga jual produknya.
  3. Inflasi campuran: inflasi yang terjadi karena adanya peningatkan permintaan atas suatu produk yang tidak memiliki barang substisusi. Inflasi campuran ini pada dasarnya menciptakan kelangkaan pada suatu produk yang tidak memiliki barang penggantinya, maka dari itu inflasi akan terjadi pada produk tersebut.

Ada beberapa dampak negatif atas terjadinya inflasi:

  • Terhadap peminjam: pihak peminjam uang kepada masyarakat akan menerima uang dengan nilai yang lebih kecil karena adanya inflasi.
  • Terhadap penerima gaji: penerima gaji akan mendapatkan gaji dengan nominal yang sama namun memiliki nilai yang lebih kecil dari sebelum terjadinya inflasi dimana hal ini akan menurunkan daya beli masyarakat yang upahnya berupa gaji.
  • Terhadap ekspor: harga barang dalam negeri yang meningkat juga akan meningkatkan harga barang ekspor, hal ini akan menurunkan kegiatan ekspor karena mahalnya barang ekspor.
  • Kemampuan menabung: inflasi membuat masyarakat enggan menabung karena jumlah bunga yang akan diterima menjadi semakin kecil. Maka dari itu, biasanya ketika inflasi bank akan meningkatkan suku bunganya untuk menekan peredaran uang di suatu wilayah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang dampak positif inflasi

yomemimo.com/tugas/20354140

Materi tentang jenis inflasi

yomemimo.com/tugas/10881626

Materi tentang hiperinflasi

yomemimo.com/tugas/3639387

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Ekonomi

Bab: 4 - Indeks Harga dan Inflasi

Kode: 11.12.4

#JadiRankingSatu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 03 Jul 21