Ada tiga macam ukuran kinerja: single criterium, multiple criteria, dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ahmadnurhikam159 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ada tiga macam ukuran kinerja: single criterium, multiple criteria, dan composite criteria. Jelaskan perbedaan yang ada di antara ke tiga macam ukuran kinerja tersebut !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perbedaan tiga macam ukuran kinerja: single criterium, multiple criteria, dan composite criteria adalah sebagai berikut:

  • Single criterium yaitu ukuran kinerja yang hanya memakai satu ukuran untuk menilai kinerja manajer yang mengakibatkan orang akan memusatkan fokus perhatian terhadap kriteria tersebut. Misal manajer produksi dinilai pada target kuantitas produk yang diperoleh dalam periode tertentu.
  • Multiple criteria, yakni ukuran kinerja yang menggunakan berbagai ragam ukuran untuk menilai kinerja manajer. Misalnya manager kepala divisi dinilai dari, profitabilitas, produktifitas dan keseimbangan antara sasaran jangka pendek dan jangka panjang.
  • Composite criteria ialah ukuran kinerja yang menggunakan berbagai ragam ukuran, memperhitungkan bobot masing-masing ukuran, dan menghitung nilai rata- ratanya sebagai ukuran yang menyeluruh kinerja manajer. Pada penilaian ini mencakup, kuantitas, kulitas, kerjasama, pengembangan ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Pembahasan

Kinerja merupakan suatu prestasi kerja atupun hasil kerja seseorang berdasarkan kuantitas dan kualitas yang dicapainya dengan penuh tanggung jawab sesuai jobdesk yang diterima.

Secara umum, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja:

  1. Faktor Personal atau Invidual, yaitu faktor dari dalam diri seseorang meliputi: pengetahuan, keterampilan, kemampuan, rasa percaya diri, motivasi atau dorongan, dan komitmen.
  2. Faktor Kepemimpinan, yaitu faktor dukungan yang diberikan oleh atasan kepada seseorang, seperti motivasi, dan arahan.
  3. Faktor Tim, yaitu faktor dukungan yang diberikan oleh rekan kerja kepada seseorang,seperti kekompakan dlam tim
  4. Faktor Sistem, yaitu faktor yang berasal dari organisasi tempat seseorang bekerja, mencaku[ budaya kerja, sistem kerja, fasilitas kerja, dan sebagainya.
  5. Faktor Kontekstual (Situasional), yaitu faktor yang berasal dari lingkungan internal dan eksternal seseorang, meliputi lingkungan keluarga, lingkungan kerja, tekanan kerja, dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Peran managemen dalam meningkatkan kinerja perusahaan yomemimo.com/tugas/18242491

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 01 Sep 22