1. Mengapa varietas tanaman perlu diberikan perlindungan hukum? Jelaskan syarat

Berikut ini adalah pertanyaan dari nzgossu pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Mengapa varietas tanaman perlu diberikan perlindungan hukum? Jelaskan syarat agar suatu varietas tanaman dapat dilindungi HKI nya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku?2. Mengapa desain tata letak sirkuit terpadu perlu diberikan perlindungan hukum? Siapakah yang menjadi pemegang DTLST jika pencipta nya lebih dari satu? Jelaskan jawaban anda

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

kedua pertanyaan tersebut memiliki jawaban sebagai berikut:

  1. Mengapa varietas tanaman perlu perlindungan hukum? hal ini diperlukan agar dunia usaha dapat meningkatkan perannya dalam perkembangan pertanian. Syarat varietas tanaman dapat dilindungi HKI berdasarkan UU berlaku? Syaratnya adalah varietas tanaman didapatkan melalui pemuliaan tanaman yang dijelaskan dalamPP no 6 tahun 1995yang berbunyi "Perlindungan tanaman dilaksankan melalui sistem pengendalian hama terpadu. Perlindungan tanaman dilaksakan dengan menggunakan sarana dan cara yang tidak mengganggu kesehatan dan atau mengancam keselamatan manusia, menimbulkan gangguan dan kerusakan sumber daya alam dan atau lingkungan hidup".
  2. Alasan desain tata letak sirkuit terpadu atau DTLST perlu dilindungi hukum? siapa pemegang DTLST jika penciptanya lebih dari satu? DTLSTperlu diberikanperlindungan hukum agar sektor industri dapat maju dengan lebih efektif selain itu, hal ini juga memicu keamanan peneliti sehingga minat dan kratifitas peneliti menjadi lebih tinggi. Jika pemegang DTLST lebih dari satumaka pemegang DTLST akandiberikan kepada mereka bersama yang sesuai denganUU RI no 32 tahun 2000 pasal 5 ayat 2yang berbunyi "Dalam hal pendesain terdiri atas beberapa orang secara bersama, hak Desain Tata Letak, Sirkuit Terpadu diberikan kepada mereka secara bersama, kecuali jika diperjanjikan lain.

Pembahasan

Perlindungan merupakan sebuah upaya untuk memberikan jaminan keamanan terhadap sebuah kejadian, organisasi, orang ataupun sekelompok orang yang dilakukan oleh suatu negara. Perlindungan hukum harus dijalankan berdasarkan protokol yang diatur oleh undang-undang.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang perlindungan hukum yomemimo.com/tugas/1524236

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Nazhirun dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 31 Aug 22