Untuk risiko-risiko berikut ini, jelaskan alternatif manajemen risiko mana yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari iambomen pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Untuk risiko-risiko berikut ini, jelaskan alternatif manajemen risiko mana yang tepat :- Individu menghadapi risiko kecelakaan lalu lintas
- Importir Indonesia harus membayar US$ 1 juta tiga bulan mendatang
- Manajer investasi menghadapi risiko perubahan harga sekuritas dalam portfolionya.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Alternatif manajemen risiko oleh individu yang menghadapi risiko kecelakaan lalu lintas yaitu melakukan asuransi jauh-jauh hari dan memanfaatkan asuransi yang diberikan oleh perusahaan.
  • Alternatif manajemen risiko terhadap importir Indonesia yang harus membayar US$ 1 juta tiga bulan mendatang yaitu melakukan hedging dengan instrumen money-market dan derivatif.
  • Alternatif manajemen risiko terhadap manajer investasi yang menghadapi risiko perubahan harga sekuritas dalam portfolionya yaitu melakukan diversifikasi.

PEMBAHASAN

Alternatif manajemen risiko yang tepat yaitu :

  1. Seseorang yang menghadapi risiko kecelakaan lalu lintas. Alangkah lebih baiknya jika kita mempunyai sendiri asuransi kecelakaan yang dapat kita gunakan jika sewaktu-waktu kita mengalami sebuah kecelakaan yang tidak terduga dan kita juga bisa memanfaatkan asuransi yang diberikan oleh perusahaan terhadap karyawannya.
  2. Jika seorang importir Indonesia harus membayar US$ 1 juta tiga bulan mendatang. Maka importir sedang menghadapi risiko perubahan kurs. Nah, jika rupiah sedang melemah, maka akan memperoleh kerugian. Namun untuk mengurangi risiko perubahan kurs, kita bisa melakukan hedging dengan instrumen money-market dan derivatif.
  3. Jika seorang manajer investasi menghadapi risiko perubahan harga sekuritas dalam portfolionya. Maka untuk menurunkan risiko, seorang investor harus melakukan diversifikasi. Diversifikasi yaitu seorang investor perlu membentuk portofolio penanaman dana hingga meminimalisir risiko tanpa mengurangi return yang diharapkan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai alternatif manjemen risiko yomemimo.com/tugas/34880459

#BelajarBersamaBrainly & #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 01 Oct 22