Jelaskan pentingnya komunikasi pemasaran dalam mempengaruhi tingkatan Zone of Tolerance

Berikut ini adalah pertanyaan dari Alyssaa1788 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan pentingnya komunikasi pemasaran dalam mempengaruhi tingkatan Zone of Tolerance konsumen!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pentingnya komunikasi pemasaran dalam mempengaruhi tingkatan Zone of Tolerance adalah dengan adanya komunikasi pemasaran maka dapat menyesuaikan atau bahkan melebihi ekspektasi para konsumen karena mereka setelah menerima berbagai pelayanan, konsumen akan membandingkan antara ekspektasi pelayanan dan pelayanan yang mereka terima. Jika pelayanan yang diterima kurang dari ekspektasi mereka, konsumen tidak akan puas dan kehilangan kepercayaan kepada penyedia produk/jasa tersebut. Sebaliknya, jika pelayanannya sesuai ekspektasi konsumen maka mereka akan puas.

Pembahasan

Zone of Tolerance merupakan suatu konsep layanan yang diberikan ke konsumen dengan perbedaan antara layanan yang didapat dibandingkan dengan ekspektasi konsumen.

Elemen dari ekspektasi pelanggan/konsumen, antara lain:

  • Tangible: sesuatu yang berwujud dan mendukung operasional suatu jasa seperti fasilitas fisik, penampilan karyawan, peralatan, dan lain sebagainya.
  • Reliability: kemampuan pelayan jasa dalam mewujudkan dan memberi layanan jasa sesuai yang dijanjikan seperti tepat waktu, akurat, dan lain sebagainya.
  • Responsiveness: kemampuan pelayan jasa dalam membantu keluhan, pertanyaan, keinginan para pelanggan.
  • Competence: kemampuan pelayan jasa dalam menciptakan kepercayaan pelanggan seperti pengetahuan brand, menjelaskan suatu produk, dan lain sebagainya.
  • Emphaty: sikap kepedulian dan perhatian pelayan jasa seperti mengenali pelanggan setia dan mempelajari kebutuhan spesifik para pelanggan, dan lain sebagainya.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai pentingnya komunikasi pemasaran dalam manajemen pemasaran yomemimo.com/tugas/14056907

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Sep 22