Data transaksi yg terdapat pada toko jaya selalu selama bulan

Berikut ini adalah pertanyaan dari faradilaazmi9 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Data transaksi yg terdapat pada toko jaya selalu selama bulan oktober 2006 sebagai berikut.​
Data transaksi yg terdapat pada toko jaya selalu selama bulan oktober 2006 sebagai berikut.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jurnal Umum Toko Jaya

2 Okt: Persediaan         1.000.000

                            Utang             1.000.000

4 Okt: Peralatan            100.000

                            Utang             100.000

8 Okt: Utang                      850.000

                            Penjualan 850.000

                           

Pembahasan:

Dokumen akuntansi diperlukan untuk kegiatan  perusahaan dagang. Menurut buku “Ekonomi” yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan, perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang membeli barang, mendapatkan keuntungan, dan menjualnya kembali. Perusahaan dagang biasanya bertindak sebagai distributor dan pengecer. Contoh perusahaan dagang adalah supermarket, toko kelontong, dan toko kelontong. Aktivitasnya adalah melakukan banyak transaksi, seperti membeli, membayar, dan menjual untuk menerima uang. Transaksi ini harus dicatat dalam catatan akuntansi. Pembukuan untuk perusahaan perdagangan berlangsung dalam beberapa tahap. Tahapan ini dimulai dengan mencatat transaksi pada jurnal umum dan  khusus, memindahkannya ke buku besar, dan membuat laporan keuangan.

Jurnal Umum digunakan untuk mencatat setiap transaksi secara kronologis. Jurnal umum digunakan untuk memudahkan pembuatan kertas kerja yang membantu Anda membuat laporan keuangan. Data yang dicatat dalam jurnal umum harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Menurut modul ekonomi "Catatan Transaksi dan Pelaporan 1", jurnal umum memiliki dua jenis catatan: fisik dan permanen. Metode fisik, juga dikenal sebagai metode reguler, adalah mengumpulkan barang dengan harga yang relatif rendah, yang umum. Metode ini biasanya digunakan oleh perusahaan perdagangan kecil. Metode perpetual adalah metode yang digunakan oleh perusahaan yang menjual produk dengan harga tinggi dan tidak sering melakukannya. Metode ini biasanya digunakan oleh perusahaan perdagangan besar.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang menabung brainly.com/question/15488430

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 14 Oct 22