Meningkatkan perekonomian negara-negara dibidang keuangan, perdagangan, perindustrian, pertambangan, perbankan, pertanian,

Berikut ini adalah pertanyaan dari BriNis3662 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Meningkatkan perekonomian negara-negara dibidang keuangan, perdagangan, perindustrian, pertambangan, perbankan, pertanian, jasa, dan pembangunan pada umumnya merupakan....

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kegiatan yang dilakukan untukmeningkatkan kekuatan ekonominegara-negara dalam bidang perdagangan, industri, jasa, pertanian, dll. adalah tujuan kerja sama antarnegara.

Pembahasan

Soal di atas sepertinya tidak lengkap karena seharusnya disertai pula dengan pilihan jawabannya. Berikut adalah soal yang lengkap:

Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kekuatan ekonomi negara-negara dalam bidang perdagangan, industri, jasa, pertanian, dll. adalah

A. Arti kerja sama antarnegara

B. Arti kerja sama internasional

C. Bentuk dari perdagangan antarnegara

D. Tujuan kerja sama antarnegara

Maka dari itu, pilihan (D) tepat karena pada dasarnya tujuan dari suatu negara yang melakukan kerja sama antarnegara adalah untuk bisa meningkatkan kekuatan ekonomi di negaranya. Bentuk dari kerja sama yang ditujukan pada peningkatan kekuatan ekonomi ini adalah kerja sama ekonomi internasional.

Berikut adala beberapa bentukdarikerja sama ekonomi internasional:

  • ASEAN Free Trade Area: bentuk kerja sama ekonomi internasional yang dibentuk oleh ASEAN. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk menciptakan kawasan perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara sehingga bisa meningkatkan aktivitas perdagangan internasional antarnegara anggota ASEAN yang terjadi di kawasan Asia Tenggara.
  • World Trade Organization: bentuk kerja sama ekonomi internasional tingkat dunia yang mengawasi jalannya kegiatan ekonomi dunia. Adanya kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan kegiatan perdagangan internasional yang terjadi di seluruh dunia sehingga bisa meningkatkan kekuatan ekonomi dari setiap negara yang ada di dunia.
  • Masyarakat Ekonomi ASEAN: bentuk kerja sama internasional tingkat regional yang dibuat oleh ASEAN. Tujuan dari pembentukan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan daya saing ekonomi dari setiap negara anggota ASEAN sehingga bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi era persaingan ekonomi global.

Pilihan (A), (B), dan (C) salah karena:

  • Pilihan (A): arti dari kerja sama antarnegara adalah bentuk dari kerja sama yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lainnya.
  • Pilihan (B): kerja sama internasional adalah pengertian lain dari kerja sama antarnegara sehingga memiliki arti yang sama.
  • Pilihan (C): bentuk dari perdagangan antarnegara adalah ekspor dan impor.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis perdagangan internasional 

yomemimo.com/tugas/19439163

Materi tentang faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional

yomemimo.com/tugas/28327188

Materi tentang persamaan perdagangan internasional dengan perdagangan dalam negeri

yomemimo.com/tugas/44385768

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: IPS

Bab: 16 - Kerjasama Ekonomi Internasional

Kode: 9.10.16

#TingkatkanPrestasimu 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Jun 21