3. Perencanaan anggaran merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh

Berikut ini adalah pertanyaan dari elianaagustintristan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Perencanaan anggaran merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap negara. Begitu pula dengan Indonesia. Perencanaan anggaran ini masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Berikut pernyataan yang tidak tepat terkait APBN adalah ....​
3. Perencanaan anggaran merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap negara. Begitu pula dengan Indonesia. Perencanaan anggaran ini masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Berikut pernyataan yang tidak tepat terkait APBN adalah ....​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jawaban pertanyaan diatas adalah D.

Penjelasan:

APBN adalah rencana pengeluaran dan penerimaan pemerintah tahun depan yang dikaitkan dengan rencana dan proyek jangka panjang.  Selain itu, APBN adalah pengelolaan keuangan tahunan menurut undang-undang. APBN beroperasi secara terbuka dan bertanggung jawab, bertujuan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.  Sebelum disahkan APBN disebut dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN). RAPBN ini kemudian akan dibahas bersama antara DPR dan pejabat pemerintah. Tujuan APBN adalah untuk mengatur penerimaan dan pengeluaran negara dalam rangka meningkatkan produksi dan kesempatan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan mencapai kepentingan umum. Tujuan dibuatnya APBN adalah agar APBN tetap berpegang pada asumsi dasar makro. Setelah melalui berbagai siklus tersebut,  RAPBN disetujui oleh DPR untuk menjadi APBN. Selain itu,  penyusunan APBN berfungsi sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran pemerintah untuk memenuhi kewajiban pemerintah dalam  meningkatkan produksi dan kesempatan kerja untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

APBN memiliki enam fungsi yaitu:

  1. Fungsi otorisasi yaitu APBN  menjadi dasar pelaksanaan pendapatan dan belanja negara untuk tahun yang bersangkutan.
  2. Fungsi  perencanaan. Maksudnya anggaran negara menjadi pedoman bagi manajemen dalam merencanakan kegiatan pada tahun yang bersangkutan.
  3. Fungsi pengawasan, yang berarti anggaran negara menjadi pedoman untuk menilai apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  4. 4. Fungsi alokasi yaitu anggaran negara harus diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumberdaya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian.
  5. Fungsi distribusi yaitu bahwa kebijakan anggaran negara harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.
  6. Fungsi stabilisasi yakni anggaran pemerintah menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Pelajari lebih lanjut materi pengertian APBN pada yomemimo.com/tugas/7150789
  2. Pelajari lebih lanjut materi fungsi dan tujuan APBN pada yomemimo.com/tugas/22977820

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 19 Apr 22