19. Pasar mobil merupakan salah satu bentuk pasar oligopoli. Ketika

Berikut ini adalah pertanyaan dari jeontasya712 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

19. Pasar mobil merupakan salah satu bentuk pasar oligopoli. Ketika perusahaan mobil merek B mengeluarkan varian baru, hal tersebut akan mendorong perusahaan lain mengeluarkan produk sejenis. Dampak adanya pasar oligopoli bagi konsumen mobil adalah .....a. pilihan produk yang ditawarkan bermacam-macam
b. konsumen akan memperoleh harga paling rendah
c. konsumen bebas menentukan harga barang yang ditawarkan
d. iklan yang dipasang tidak memengaruhi jumlah konsumen
e. tinggi rendahnya penjualan clipengaruhi selera konsumen

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu contoh dari produk yang ada pada pasar oligopoliadalahpasar mobildi manaperusahaandari pasar mobil akanterdoronguntukmengeluarkan produksejenis ketika perusahaan mobilmerek B mengeluarkan mobil dengan varian baru. Bagi para konsumen mobil, dampakdari adanya pasar oligopoli adalah(A) pilihan produk yang ditawarkan bermacam-macam.

Pembahasan

Pilihan (A) benar karena pasar oligopoli adalah salah satu jenis dari struktur pasar di mana hanya terdapat produsen dengan jumlah yang sedikit. Maka dari itu, persaingan yang ada pada pasar oligopoli cenderung ketat dengan resiko masuknya perusahaan baru yang kecil. Hal ini membuat perusahaan yang ada pada pasar oligopoli akan mengeluarkan produk sejenis ketika perusahaan pesaingnya juga mengeluarkan produk baru. Bagi konsumen, banyaknya produk sejenis yang dikeluarkan oleh masing-masing produsen ini membuat banyaknya pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan dari konsumen tersebut.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Sep 22