soal ekonomi kelas 10​

Berikut ini adalah pertanyaan dari anisaazzhar pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Soal ekonomi kelas 10​
soal ekonomi kelas 10​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pada dasarnya ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang terbatas dengan segala tingkah laku manusia atas kebutuhan berupa asas-asas produksi, distribusi dan konsumsi yang tidak terbatas.

Nggak heran masalah yang paling mendasar dalam ilmu ekonomi adalah kebutuhan manusia yang tanpa batas namun dayanya yang terbatas.

Atau secara sederhana ilmu ekonomi dapat kita definisikan sebagai cara kita manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, dengan sumber daya yang terbatas. Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague dalam bukunya yang berjudul “A Textbook of Economic Theory”, ilmu ekonomi sendiri dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

Ilmu Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economic)

Mengandung kata “deskriptif”, ilmu ekonomi ini mendeskripsikan dengan melakukan analisis terhadap fakta, atau fenomena yang terjadi dalam kegiatan perekonomian untuk menggambarkan kondisi yang sebenarnya.

Ilmu Ekonomi Teori (Economics Theory)

Ilmu ekonomi teori merupakan analisis ekonomi yang berupaya menjelaskan pengertian, serta hubungan sebab akibat dalam kegiatan perekonomian, dan cara kerja sistem ekonomi. Analisis ini berlandaskan dari hasil observasi terhadap aksi dan reaksi dalam bidang ekonomi di kehidupan masyarakat.

Ilmu ekonomi ini dibagi lagi menjadi 2 tipe, yaitu:

Ekonomi Makro, ilmu ekonomi yang membahas mengenai keseluruhan kegiatan perekonomian.

Ekonomi Mikro, ilmu ekonomi yang membahas mengenai ruang lingkup khusus dalam kegiatan perekonomian.

Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics)

Ilmu ekonomi terapan merupakan analisis ekonomi yang teori atau praktis yang merumuskan kebijakan-kebijakan, pedoman atau standar kegiatan ekonomi dalam menangani masalah ekonomi tertentu.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh imanteguhas dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 21 Nov 22