1 Dalam sumber dana dan pembelanjaan jangka pendek kita mengenal

Berikut ini adalah pertanyaan dari linecrista42 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Dalam sumber dana dan pembelanjaan jangka pendek kita mengenal 2 istilah yang berbeda yaitu Anjak Piutang dan Menjaminkan Piutang.Jelaskan perbedaan diantara kedua sumber/bentuk pembelanjaan jangka pendek tersebut.

2.Kapan suatu perusahaan membutuhkan sumber pembelanjaan jangka menengah? Sebutkan 3 bentuk pembelanjaan jangka menengah dan jelaskan masing-masing bentuk tersebut.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Perbedaan anjak piutangdanmenjaminkan piutang mengenai sumber dana dan pembelanjaan jangka pendek yaitu jika anjak piutang kitamenjual piutangyang dimiliki perusahaan kepada pihak lain. Sedangkan Menjaminkan piutang beratimenjadikan piutang sebagai jaminanuntukmemperolehpinjaman dari pihak lain.

2. Suatu perusahaan membutuhkan sumber pembelanjaan jangka menengah Apabilasumberpembelajaran jangka pendeksudahtidak bisa membiayai kebutuhan tersebut. Tiga Bentuk pembelanjaan jangka menengah yaitu

  • Leasing, adalah suatu kontrak antara pemilik aktiva dengan pihak lain yang memanfaatkan aktiva tersebut untuk jangka waktu tertentu.
  • Term loan pinjaman jangka menengah yang tidak segera jatuh tempo yang biasanya disediakan oleh lembaga pembiayaan.
  • Equipment loan, adalah pembiayaan yang pergunakan untuk pengadaan perlengkapan baru.

PEMBAHASAN

Anjak piutang adalah menjual piutang yang dimiliki oleh perusahaan kepada pihak lain. Sumber Pendanaan Perusahaan adalah Sumber dana yang diperoleh perusahaan mendapatkan dana agar dapat membiayai Aktivitas Operasi Aktivitas Investasi dan Aktivitas Pendanaan Perusahaan. Sumber dana perusahaan dibagi menjadi tiga yaitu

  • tiga yaituSumber dana jangka pendek yaitu jangka waktunya kurang dari satu tahun.
  • Sumber dana jangka menengah dengan jangka waktu lebih dari satu tahun dan kurang dari lima tahun.
  • Sumber dana jangka panjang dengan jangka waktu lebih dari 5 tahun

Anjak piutangmemilikikelebihan yaitu kitatidak perlu menunggu dana piutang cairkarena kitasudah memperoleh pinjamandengan biaya yang murah sedangkan jika kita menjaminkan piutang kita bisa mendapatkan uang serta piutang yang di jaminkan bisa diperoleh kembali. tetapi bila kita gagal membayar perjanjian pinjaman piutang maka piutang perusahaan akan menjadi pemilik pemberi pinjaman tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Anjak piutang yomemimo.com/tugas/16379823

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ayliyacute dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Sep 22