Jelaskan mekanisme transaksi di pasar modal

Berikut ini adalah pertanyaan dari sakinahazzahra10827 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan mekanisme transaksi di pasar modal

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pasar modal, yaitu sarana pendanaan dengan melakukan kegiatan berinvestasi.

Lantas, bagaimana mekanisme transaksinya? Jadi, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi. Seperti KTP, NPWP, dan formulir pembuatan rekening saham. Selain itu, harus mendatangi kantor perusahaan efek.

Proses perdagangan efek di pasar modal dilakukan dengan menggunakan fasilitas JATS (Jakarta Automatic Trading System). Sistemnya dilakukan secara daring. Perdaganan efek hanya bisa dilakukan oleh anggota bursa saja yang sudah menjadi anggota KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia).

  1. Calon pembeli saham harus menjadi nasabah di perusahan efek. Sebelumnya, calon pembeli saham harus punya rekening terlebih dahulu dan tercatat oleh Biro Administrasi Efek (BAE). Setelahnya, bisa melakukan order transaksi.
  2. Awal transaksi jual-beli saham berasal dari investor kepada perusahaan efek, kemudian diteruskan kepada petugas perusahaan efek yang ada di lantai bursa.
  3. Petugas di lantai bursa kemudian memasukkan pesanan ke sistem JATS. Akan ada komunikasi jual-beli antara broker (petugas perusahaan efek) dan investor.
  4. Transaksi bisa dikatakan selesai, jika ada harga yang muncul pada sistem JATS. Informasi ini akan diinformasikan kembali pad investor bahwa transaksi telah usai.
  5. Di tahap akhir, ialah penyelesaian transaksi. Pada tahap ini ada proses kliring, transfer (pemindahbukuan), dan proses lain sebelum investor memperoleh haknya seperti uang karena telah menjual saham, atau berupa saham yang dibelinya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh retislaya dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 17 May 21