1 Hari Selasa, sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Hari Selasa, sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh orang tua dan guru di TK BINTANG, adalah hari profesi. Pada hari tersebut seluruh siswa diperkenankan mengenakan pakaian profesi sesuai dengan harapan dan cita-cita yang mereka inginkan. Ada yang mengenakan pakaian tentara, polisi, dokter, petugas pemadam kebakaran, pilot, perawat, ustadz atau ustadzah bahkan ada yang berpakaian atau mengenakan kostum astronot. Bapak Aji Nugraha adalah orang tua dari Alfatih, siswa kelompok A di TK BINTANG. Beliau adalah seorang pilot di salah satu maskapai penerbangan. Jika tidak sedang ada jadwal terbang, beliau sering mengantar Fatih, putra pertamanya, ke sekolah. Lingkungan di sekitar TK BINTANG masih asri. Banyak terdapat pepohonan rindang dan ada pula beberapa kebun yang ditanami pohon singkong. Tidak jauh dari sekolah juga terdapat pabrik rumahan yang memproduksi kripik singkong. Ada pula kolam tempat budidaya ikan lele yang tidak jauh dari sekolah. Pemilik pabrik keripik singkong adalah Pak Andi, yang juga pernah menyekolahkan anaknya, Dinda Lestari di TK BINTANG belasan tahun yang lalu. Dinda sekarang telah selesai kuliah dan menjadi seorang perawat. PERTANYAAN: Berdasarkan ilustrasi kasus tersebut, silakan lakukan analisis dan gambaran kegiatan yang dapat dilakukan terhadap: a. lingkungan alam/fisik yang dapat dimanfaatkan ke dalam kegiatan TK BINTANG! (minimal 3) b. pelibatan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan TK BINTANG! (minimal 3)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan ilustrasi kasus tersebut, berikut analisis dan gambaran kegiatan yang dapat dilakukan terhadap:

  • Lingkungan alam/fisik yang dapat dimanfaatkan ke dalam kegiatan TK Bintang yaitu:
  1. Lingkungan air atau tempat budidaya ikan lele dimasukkan ke dalam kegiatan pembelajaran sebagai bentuk sosialisasi mengenai hewan air tawar tersebut dan cara pembudidayaannya.
  2. Memasukkan kunjungan ke pabrik keripik singkong dalam proses belajar mengajar agar anak mengetahui pembuatan keripik singkong.
  3. Memanfaatkan lingkungan asri TK Bintang sebagai lahan untuk berolahraga dan bermain outbond.
  • Pelibatan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan TK Bintang yakni:
  1. Mengadakan career day yang melibatkan peran orang tua dan masyarakat. Setiap anak didik menggunakan kostum pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, salah satu anak ingin menjadi dokter, maka anak tersebut menggunakan kostum dokter.
  2. Mengadakan gardening day dengan orang tua dan masyarakat setempat. Lingkungan di TK Bintang dapat ditanami pepohonan oleh anak-anak serta orang tua dan masyarakat yang ikut berpartisipasi.
  3. Mengadakan market day dimana anak dan orang tua berjualan dilingkungan sekolah. Masyarakat setempat diperbolehkan ikut untuk meramaikan kegiatan tersebut dengan pengawasan.

Pembahasan:

Dalam mendidik anak tidak hanya pihak sekolah yang diperlukan tetapi juga memerlukan peran orang tua serta masyarakat. Dibutuhkan kerjasama antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat agar proses serta hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut mengenai Kegiatan Pelibatan Orang tua pada yomemimo.com/tugas/13893197

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22