Setiap upaya campur tangan pemerintah atas proses atau situasi pasar

Berikut ini adalah pertanyaan dari zahdanadan24 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Setiap upaya campur tangan pemerintah atas proses atau situasi pasar bebas akan memperburuk keadaan dan hasil, tetapi setelah beberapa waktu kemudian disadari sistem mekanisme harga pasar tidak sepenuhnya memberikan hasil optimal bagi masyarakat. Situasi seperti ini sering kali disebut sebagai fenomena kegagalan pasar. Sebutkan dan jelaskan tiga elemen utama penyebab kegagalan pasar? (30)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sebutkan dan jelaskan tiga elemen utama penyebab kegagalan pasar ialah :

  1. Adanya eksternalitas, eksternalitas mengaju pada manfaat dan biaya yang dihasilkan dari transaksi yang mempengaruhi pihak ketiga yang telah memutuskan untuk tidak dikaitkan dengan manfaat atau biaya tersebut.
  2. Adanya barang publik, barang publik merupakan barang yang dikonsumsi oleh khalayak umum dan tidak dapat bersaing dan dikecualikan. Sebab, barang publik dialokasikan kepada seluruh populasi dalam pemanfaatannya dan dikonsumsi secara umum maka tidak dapat menghasilkan biaya atau uang dari konsumsinya.
  3. Adanya penguasaan pasar, terjadi ketika penjual atau pembeli memiliki kekuatan untuk mengontrol harga jasa atau barang yang beredar di pasar. Dari sisi penawaran, penjual dapat mengontrol harga atau jasa dalam pasar ketika hanya terdapat satu penjual (monopoli) atau beberapa penjual (oligopoli) sehingga mereka dapat menetapkan harga setinggi-tingginya untuk memaksimalkan keuntungan. Begitu juga sebaliknya, dari sisi permintaan, pembeli akan akan mengatur pasar apabila dalam pasar tersebut hanya terdapat satu mebeli besar (monopsomi) dan beberapa pembeli besar (oligopsoni).

Pembahasan

Kegagalan pasar merupakan keadaan dimana pasar mengalami kegagalan sebagai wadah penyedia kebutuhan pasar secara efisien, dalam artian lain bisa disebut sebagai ketimbangan yang terjadi antara produsen dan konsumen.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi kegagalan pasar pada link yomemimo.com/tugas/18363353?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly     #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 07 Sep 22