dalam memotivasi siswa ada kegiatan prinsip seperti menilai siswa dengan

Berikut ini adalah pertanyaan dari filadelfianovitasari pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

dalam memotivasi siswa ada kegiatan prinsip seperti menilai siswa dengan baik. berkaitan dengan kegiatan tersebut, berikan contoh prinsip-prinsip menilai siswa dengan baik​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Memberi penilaian atau assessment kepada siswa sejatinya hanya sebagian kecil dari cara memotivasi siswa. Bahkan bisa dibilang kurang tepat karena memotivasi hanya karena akan dinilai hanya memberikan efek temporer ketimbang memberi motivasi dalam belajar yang sebenarnya, yaitu keingintahuan dan ambisi untuk berkembang. Memberi motivasi dengan nilai mungkin hanya berlaku di konteks sekolah di Indonesia yang masih tertinggal.

Mengenai prinsip-prinsip yang bisa diterapkan untuk menilai siswa dengan baik, beberapa hal bisa digunakan adalah:

  • Adil dan obyektif
  • Menyeluruh
  • Berkelanjutan
  • Kompetitif
  • Bermakna

Pembahasan:

Berikut ini adalah contoh penerapan prinsip-prinsip tersebut dalam memberi penilaian pada siswa yang berguna bukan hanya bagi siswa namun juga pendidik, yaitu:

  • Adil dan Obyektif : penilaian siswa harus menggunakan prinsip tersebut karena setiap siswa berhak mendapat kesempatan yang sama untuk dinilai dengan kemampuan yang berbeda-beda dengan menggunakan standard yang sesuai dan sama sehingga hasil penilaian jelas dan obyektif sesuai standard, bukan subyektif.
  • Menyeluruh: penilaian harus dilakukan secara menyeluruh agar siswa dan pendidik memiliki data input yang nyata tentang kemampuan, kelebihan dan kekurangan siswa sekaligus menggali potensi yang ada namun masih tersembunyi.
  • Berkelanjutan: penilaian juga harus dilakukan secara berkala dengan cara formal maupun informal mengingat kegiatan belajar dan menguasai ilmu membutuhkan proses. Sehingga penilaian tidak hanya dilakukan di saat ujian saja namun sepanjang masa menuntut ilmu di sekolah sehingga akan dimiliki data mengenai performa siswa dan konsistensi belajar siswa.
  • Kompetitif: penilaian terhadap siswa juga perlu mempertimbangkan unsur ini karena pada akhirnya siswa akan menghadapi dunia nyata yang kian kompleks dan siap berkompetisi menjadi yang terbaik.
  • Bermakna: penilaian terhadap siswa diharapkan bisa memberi makna, baik langsung maupun tdk langsung kepada siswa dan pihak pendidik terkait sehingga siswa diharapkan dapat menyaring esensi dari pembelajaran tentang sesuatu hal dan mengembangkannya demi kehidupan yang lebih baik.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang prinsip penilaian siswa

yomemimo.com/tugas/35848940

Materi tentang cara menilai siswa

yomemimo.com/tugas/16106542

Materi tentang penilaian

yomemimo.com/tugas/6384024

Detail Jawaban:

Kelas : SMA

Mapel: IPS

Bab:-

Kode:-

#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MRWAR dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Jul 21