1 Sebuah perpustakaan perguruan tinggi memiliki program peningkatan kompetensi pustakawan

Berikut ini adalah pertanyaan dari netaaminda pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Sebuah perpustakaan perguruan tinggi memiliki program peningkatan kompetensi pustakawanmelalui program menulis karya ilmiah yang kemudian diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah.
Perpustakaan memiliki target 1 tahun menerbitkan dua jurnal. Untuk dapat mencapai target
tersebut, perpustakaan membentuk tim jurnal ilmiah yang berjumlah lima orang. Lima orang ini
memiliki tugas masing-masing mulai dari penyunting, penata naskah, pendaftaran ISSN,
pencetakan jurnal hingga distribusi jurnal. Penerbitan jurnal ilmiah pustakawan ini didanai oleh
bagian pengembangan SDM perpustakaan. Untuk memperlancar penerbitan jurnal ilmiah
pustakawan, setiap akhir tahun dilakukan evaluasi untuk mengatasi kendala atau masalah yang
muncul.
Dari kegiatan penerbitan jurnal ilmiah pustakawan tersebut, analisislah Fungsi Manajemen yang
terdapat dalam penerbitan jurnal ilmiah pustakawan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam kegiatan penerbitan jurnal ilmiah pustakawan di atas, fungsi manajemen yang terdapat pada penerbitan jurnal ilmiah pustakawan tersebut adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian.

Pada teks di atas dijelaskan bahwa:

  1. Perpustakaan memiliki target 1 tahun untuk menerbitkan 2 jurnal, hal ini merupakan suatu fungsi manajemen perencanaan yang mana mendefinisikan suatu tujuan dari organisasi tersebut. Kemudian juga perpustakaan memiliki suatu strategi dengan merekrut 5 orang anggota guna mencapai tujuan dari perpustakaan tersebut. Adapun fungsi ini untuk meminimalisir risiko yang terjadi.
  2. Perpustakaan membentuk suatu tim jurnal ilmiah yang terdiri atas 5 orang dan masing-masing memiliki tugasnya yaitu penyunting, penata naskah, pendaftaran ISSN, pencetakan jurnal, dan distribusi jurnal. Hal ini menjelaskan bahwa adanya fungsi manajemen organisasi yaitu menentukan sumber daya organisasi salah satunya SDM.
  3. Penerbitan jurnal ilmiah didanai oleh bagian pengembangan SDM perpustakaan. Hal ini merupakan salah satu fungsi manajemen pelaksanaan yaitu menerapkan segala rencana dengan biaya yang disediakan demi mencapai tujuan dari perpustakaan tersebut.
  4. Setiap akhir tahun perpustakaan melakukan evaluasi atas kendala dan masalah. Hal ini merupakan fungsi manajemen pengendalian yaitu mengontrol atau mengevaluasi kinerja dari suatu organisasi untuk memastikan bahwa hal-hal yang telah direncankan telah sesuai dan dijalankan dengan baik.

Pembahasan:

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi manajemen adalah suatu pengelolaan patas pekerjaan yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan Bersama. Adapun fungsi ini terbagi menjadi empat bagian yaitu Planning (perencanaan, Organizing (pengorganisasian), Actuating (penerapan/pelaksanaan), serta Controling (pengendalian). Keempat fungsi ini sering disebut sebagai POAC.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang planningpadayomemimo.com/tugas/10420033

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Sep 22