pasar barter wulandoni di Nusa Tenggara Timur masih menerapkan sistem

Berikut ini adalah pertanyaan dari srihayantirustam pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pasar barter wulandoni di Nusa Tenggara Timur masih menerapkan sistem ekonomi tradisional bagi kegiatan perekonomiannya kegiatan barter hasil pertanian yang dilaksanakan di daerah tersebut sampai sekarang karenaa. hanya untuk memenuhi kebutuhan saat ini
b. terikat pada adat istiadat dalam masyarakat
c. ingin memanfaatkan kekayaan alam yang ada
d. masih terbatasnya penggunaan teknologi yang lebih modern
e. menjaga pola kehidupan bermasyarakat yang bersifat profit oriented​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pasar barter wulandoni di Nusa Tenggara Timur masih menerapkan sistem ekonomi tradisional bagi kegiatan perekonomiannya kegiatan barter hasil pertanian yang dilaksanakan di daerah tersebut sampai sekarang karena terikat pada adat istiadat dalam masyarakat.

Penjelasan:

Pasar barter wulandoni di Nusa Tenggara Timur merupakan pasar yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam sebelum masyarakat Lembata mengenal mata uang rupiah sebagai alat tukar resmi negara. Pasar itu sebagai sarana pertemuan kelompok masyarakat berbeda mata pencarian untuk menukarkan hasil karya masing-masing.

Kita tau di era zaman yang semakin maju dengan perputaran uang yang semakin luas dengan berdirinya Bank Pemerintah dan Swasta, bahkan pasar sudah dapat dinikmati secara online dengan berdirinya online shop. Namun masyarakat di Desa Labala masih menggunakan sistem barter, dengan masih mempertahkan warisan budaya. Yang menarik dari pasar barter ini adalah terjadinya interaksi sosial antara orang pesisir dengan orang pegunungan, desa pesisir lebih banyak datang dari daerah Wulanduro, aLeworaja, Atekere, Pantai Baru, Kehi dan Lamalera sedangkan daerah perbukitan dari daerah Puor, Uruor, Lewuka, Boto, Labala, Udak, dan Pusi Watu. Interaksi pasar yang terjadi dapat mempererat tali silaturahmi sosial, budaya, bahkan agama.

#Pelajari juga tentang pasar tradisional di yomemimo.com/tugas/33695887

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Taufikhi1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 26 Nov 21