Berkah Cadangan Devisa Gendut, Neraca Pembayaran Diprediksi Surplus Ekonom memperkirakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari isakosoqt pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berkah Cadangan Devisa Gendut, Neraca Pembayaran Diprediksi Surplus Ekonom memperkirakan peningkatan cadangan devisa pada Agustus 2020 akan memicu terjadinya potensi surplus Neraca Pembayaran Indonesia pada kuartal III/2020. Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan penurunan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD), sementara neraca transaksi finansial akan tercatat surplus.Bank Indonesia mencatat, posisi cadangan devisa pada Agustus 2020 mencapai level tertinggi sepanjang sejarah, yaitu sebesar US$137,0 miliar. Sumber: bisnis.com, 7 September 2020 Pertanyaan: Berdasarkan pada artikel di atas analisislah mengapa meningkatnya devisa dapat mengakibatkan neraca pembayaran surplus? Bagaimana cara membedakan transaksi dalam neraca pembayaran Indonesia? 25 Indikator tersebut menjadi salah satu penanda bahwa sektor ekspor Indonesia mulai mengalami pemulihan, yang pada giliarannya mendorong kenaikan cadangan devisa di tengah arus modal keluar.Kepala Ekonom BCA David Sumual mengatakan pemulihan harga minyak akhir-akhir ini dan meningkatnya harga komoditas seperti nikel dan tembaga juga ikut berkontribusi dalam peningkatan cadangan devisa. Dengan mengacu pada artikel ”Berkah Cadangan Devisa Gendut, Neraca Pembayaran Diprediksi Surplus” yang memberikan informasi sebagai berikut: Ekonom memperkirakan peningkatan cadangan devisa pada Agustus 2020 akan memicu terjadinya potensi surplus Neraca Pembayaran Indonesia pada kuartal III/2020. Sektor ekspor Indonesia mulai mengalami pemulihan, yang pada giliarannya mendorong kenaikan cadangan devisa di tengah arus modal keluar. Sumber: bisnis.com, 7 September 2020 Pertanyaan: Saudara diminta menganalisis bagaimana dampak kondisi tersebut terhadap komponen current account dalam neraca pembayaran. 25 Rupiah Lebih Tangguh dari Ringgit, Ini Sebabnya Nilai tukar rupiah sampai saat ini masih terus bergerak di kisaran angka 14.000 per dolar AS. Jika dihitung sepanjang 2015, nilai tukar rupiah sudah melemah 12-13 persen. 25 Namun demikian, jika diban

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berkah Cadangan Devisa Gendut, Neraca Pembayaran Diprediksi Surplus.

Dari artikel dengan judul di atas, dapat disimpulkan:

  • Meningkatnya devisadapat mengakibatkanneraca pembayaran surpluskarena saatcadangan devisa meningkat maka aliran uang dari luar negeri ke dalam negeri menjadi lebih banyak. Hal ini menunjukan kegiatan eksporlebih banyak dibandingimpor, yang bisa meningkatkan posisi surplus neraca pembayaran.

Pembahasan

Neraca pembayaran terdiri dari dua akun yaitu:

  1. Neraca transaksi berjalan: mencatat perdagangan barang dan jasa, biasa mencatat ekspor dan impor.
  2. Neraca transaksi modal dan finansial: mencatat aliran masuk dan keluar neto investasi di dalam negeri.

Dari keduanya, dipahami jika ada aliran dana masuk ke Indonesia dalam bentuk Dollar AS, maka menjadi devisa bagi Indonesia. Apabila kedua neraca ini mencatatkan surplus, maka cadangan devisa Indonesia akan meningkat.

Pembahasan

Materi tentang 4 sumber devisa negara pada yomemimo.com/tugas/1563981

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 26 Sep 22