4 Berdasarkan studi kasus diatas: Berikan analisis anda serta hubungkan keterkaitan

Berikut ini adalah pertanyaan dari almutakinzfabio pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4 Berdasarkan studi kasus diatas:Berikan analisis anda serta hubungkan keterkaitan hal-hal dari keluaran (outputs) yang dihasilkan
oleh Administrasi Negara

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Administrasi negara merupakan bagian dari bidang ilmu politik yang menghasilkan keluaran atau output yaitu kebijakan - kebijakan negara. Kebijakan negara ini berfungsi untuk mengatur dan mengelola negara.

Pembahasan:

Pemerintah diartikan sebagai dukungan administratif dari pemerintah. Dengan kata lain, pemerintah (pelayan masyarakat) tidak dapat memenuhi fungsi dan  kewajibannya tanpa penyelenggaraan negara.

Di sisi lain, administrasi negara adalah bagian dari bidang ilmu politik yang berurusan dengan pengambilan keputusan kebijakan negara dalam hal proses. Administrasi negara sebagai  ilmu yang lahir dari kedua ilmu tersebut memiliki dua  syarat untuk dapat memahaminya.

Persyaratan pertama adalah mengetahui sesuatu tentang manajemen umum. Syarat kedua, kita harus menyadari bahwa banyak persoalan pengelolaan negara  muncul  dari kerangka politik.

Dalam debat ilmu sosial pemerintah, ada  tiga elemen penting yang perlu kita ketahui. Ketiga unsur tersebut adalah  legislatif,  eksekutif, dan  yudikatif. Adanya check and balance antara ketiga lembaga tersebut sehingga kekuasaan tidak terkonsentrasi pada satu lembaga saja. Selain itu, ilmu administrasi terlibat dalam studi kebijakan publik, administrasi pembangunan, tujuan pemerintah, etika administrasi, dan  sebagainya.

Jika negara berkomitmen untuk demokrasi,  administrasi negara akan membantu mencapai tujuan negara sesuai dengan keinginan rakyat dan kewajiban Konstitusi. Keinginan umum masyarakat sebagai warga negara meliputi keamanan, kesejahteraan, ketertiban, dan keadilan. Dengan memenuhi keinginan warga  tersebut,  kehidupan masyarakat akan  lebih baik, lebih aman dan lebih damai. Oleh karena itu, peran penyelenggara pemerintahan adalah melayani kepentingan masyarakat dengan baik.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang administrasi pada yomemimo.com/tugas/2333967

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Sep 22