Jika anda seorang akuntan sector public, coba anda evaluasi mengenai efesiensi

Berikut ini adalah pertanyaan dari cassa07 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jika anda seorang akuntan sector public, coba anda evaluasimengenai efesiensi dan efektifitas pengelolaan dan
penggunaan keuangan di dalam birokrasi di negeri Indonesia
kita sat ini? Coba anda kaitkan dengan bidang ilmu akuntansi
sector public yang kamu ketahui.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Birokrasi Keuangan negara Indonesia tidak terdapat efisiensi dan efektifitas karena masih belum mahir dalam pembuatan teknologi. Contoh teknologinya yaitu Sistem Informasi Akuntansi nya.

Pembahasan:

Mekanisme pengelolaan keuangan bervariasi dari satu negara ke negara lain. Demikian pula, Indonesia memiliki mekanisme sendiri untuk mengelola keuangan.

Berdasarkan Undang-Undang Keuangan Negara (IU) No. 17 tahun 2003, keuangan negara mengacu pada semua hak dan kewajiban suatu negara yang dapat dinilai dengan uang dan dalam segala hal, baik dalam bentuk uang maupun dalam bentuk komoditas. .Berarti. , Dapat dijadikan barang milik negara sehubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut.

Keuangan, termasuk hak pemerintah untuk memungut pajak, mengeluarkan dan mengedarkan uang, dan memberikan kredit. Kewajiban negara untuk melakukan misi pelayanan publik dan membayar tagihan pihak ketiga untuk pemerintah negara bagian. Pendapatan Pemerintah, Belanja Pemerintah, Pendapatan Daerah, dan Edisi Daerah. Selain itu, kekayaan negara atau  daerah yang dikelola sendiri atau  pihak ketiga berupa uang, surat berharga, piutang, barang dagangan, dan hak moneter lainnya, termasuk kekayaan yang dipisahkan oleh usaha nasional atau daerah. Harta kekayaan pihak lain yang dikuasai oleh pemerintah sehubungan dengan penyelenggaraan  pemerintahan dan/atau penyelenggaraan kepentingan umum. Serta kekayaan pihak lain yang diperoleh melalui penggunaan fasilitas yang disediakan pemerintah. Tujuan pengelolaan keuangan pemerintah, dikutip dari Kemenkeu.go.id, adalah: Dampak terhadap Pertumbuhan Ekonomi Menjaga Stabilitas Ekonomi Redistribusi Sumber Daya Ekonomi Mendorong Redistribusi Pendapatan Bentuk pengelolaan keuangan pemerintah adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ditetapkan dengan undang-undang. .. APBN terdiri dari anggaran pendapatan, anggaran belanja, dan pendanaan.

Penerimaan Negara terdiri dari penerimaan pajak, penerimaan lain-lain dan hibah. Sementara itu, pengeluaran pemerintah digunakan untuk menjalankan misi pemerintah pusat dan mencapai keseimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian ekonomi yomemimo.com/tugas/1851065

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 02 Oct 22