bagaimana strategi pemasaran tanaman porang?

Berikut ini adalah pertanyaan dari budimansobo23 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana strategi pemasaran tanaman porang?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Porang (Amorphophallus muelleri) adalah umbi-umbian penghasil pati yang memiliki banyak kegunaan yang termasuk dalam jenis HHBK. Porang di Provinsi Banten banyak ditemukan di lahan hutan rakyat maupun hutan negara, namun sejauh ini belum dikembangkan dengan baik. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan porang dan memperoleh strategi pengembangan porang. Penelitian ini dilakukan wilayah Provinsi Banten pada bulan Agustus-September 2020. Responden diambil secara sengaja yakni para pakar yang memahami tentang perkembangan porang di Provinsi Banten. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang termasuk faktor internal utama (kekuatan dan kelemahan) adalah dapat tumbuh di bawah naungan (0,70) dan pertumbuhan awal lama (0,70). Yang termasuk faktor eksternal utama (peluang dan ancaman) adalah kebutuhan ekspor masih sangat tinggi (0,79) dan jumlah bandar masih terbatas (0,72). Strategi yang terbaik untuk mengembangkan porang di Provinsi Banten adalah dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada (strategi SO), melalui kemitraan dan kegiatan penyuluhan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dheadnn45 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 21 Jul 21