4 Jika Anda ditugaskan untuk mengelola program pelatihan, uraikan unsur-unsur

Berikut ini adalah pertanyaan dari liyanefika pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4 Jika Anda ditugaskan untuk mengelola program pelatihan, uraikan unsur-unsur apa saja yangperlu dikelola dengan baik dan professional agar kegiatan pelatihan terselenggara dengan baik

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Ada 5 unsur yang harus dikelola dengan baik dan juga profesional supaya kegiatan pelatihan dapat terselenggara dengan baik. 5 unsur tersebut adalah Kebutuhan Pelatihan, Tujuan Pelatihan, Rencana Tindakan Pelatihan, Penerapan Inisiatif Pelatihan, dan Evaluasi & Revisi Pelatihan.

Pembahasan

Dalam mengerjakan atau melakukan pengelolaan program pelatihan ada beberapa unsur yang harus dikelola dengang baik. Tidak hanya baik, namun perlu dikelola secara bertanggung jawab. Unsur tersebut ada 5 yang terdiri dari

  • Kebutuhan Pelatihan

Dalam mengelola program pelatihan perlu adanya dilakukan identifikasi dan penilaian kebutuhan. Kebutuhan pelatihan perlu ditetapkan sesuai rencana yang strategis baik untuk organisasi ataupun individu.

  • Tujuan Pelatihan

Dari hasil identifikasi kebutuhan pelatihan maka kita dapat menetapkan tujuan dari pelatihan tersebut. Hasil identifikasi tersebut dianalisis dan ditetapkan tujuannya.

  • Rencana Tindakan Pelatihan

Perencanaan tindakan yang bersifat komprehensif yang berisikan teori pembelajaran, desain instruksional, konten, materi dan elemen pelatihan. Sumber daya dan juga cara penyampaian pelatihan harus didetailkan.

  • Penerapan Inisiatif Pelatihan

Ada yang dinamakan fase implementasi yaitu tempat program pelatihan ini dijalankan. Diperlukan keputusan dalam tempat pelatihan akan disampaikan di rumah atau dilakukan koordinasi eksternal. Pelaksanaan program bisa dalam penjadwalan kegiatan dan juga tata kelola sumber daya terkait.

  • Evaluasi & Revisi Pelatihan

Kegiatan pelatihan harus selalu dipantau. Setiap kegiatan perlu dilakukan evaluasi dengan tujuan untuk menentukan apakah kegiatan tersebut berhasil dan juga mencapai tujuan pelatihan.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentan " Manajemen Personalia" pada yomemimo.com/tugas/6142562

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh oxfordnotbrogues0403 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Sep 22