Contoh model rasional dalam pengambilan keputusan

Berikut ini adalah pertanyaan dari sobirinannas6 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Contoh model rasional dalam pengambilan keputusan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu contoh model rasional dalam pengambilan keputusan adalah sebuah keputusan pemerintah untuk meningkatkan produksi beras di suatu kecamatan. Hal tersebut dilakukan agar berdampak pada ekonomi serta kesejahteraan rakyat.

Pembahasan

Mode rasional adalah sebuah metode yang mana adanya prosedur pembuatan keputusan didasarkan bimbingan pada alteranatif-alternatif paling efisien sehingga menghasilkan tujuan kebijakan penting yang dihasilkan. Rasional bisa dianggap menjangkau dan masuk akal, hal tersebutlah membuat keputusan-keputusan yang memuaskan dalam kehidupan masyarakat. Berikut beberapa penyebab-penyebab tersebut terjadi di manusia:

  1. Memiliki keterbatasan intelektual. Memang manusia memiliki kemampuan yang relatif terbatas meskipun selalu berkembang, mereka suatu saat juga akan termakan usia. Dari hal tersebutlah pentingnya memahami adanya keadaan tidak semua hal menghasilkan keputusan yang relatif memuaskan. Maka dari hal inilah pentingnya sikap rendah hati dan mengembangkan diri dengan sadar diri terhadap kepuasan diri sendiri.
  2. Mempunyai keterbatasan waktu dan tenaga. Tidak semua hal didunia ini kita bisa lakukan apalagi dengan bersamaan, dari hal tersebut manusia memiliki berbagai keterbatasan tenaga hingga waktu sehingga berdampak ada hal-hal manusia saja yang dituju untuk mencapai keputusan rasional. Maka dari hal ini pentingnya sadar diri agar menghasilkan rasional yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan diri dalam menjalani kehidupan.
  3. Mempunyai keterbatasan informasi. Tidak semua hal didunia ini diketahui oleh semua orang, keterbatasan kemampuan dan otak manusia membuat informasi relatif terbatas. Dari hal ini pentingnya pandangan terbatas oleh manusia dalam hal-hal tersebut. Maka dari hal ini pentingnya upaya manusia sebaik mungkin dalam mencari informasi.

Pelajari lebih lanjut

  1. Sebutan putusan lain dari suatu hakim yomemimo.com/tugas/25172764
  2. Syarat harus dari keputusan bersama yomemimo.com/tugas/3782975
  3. Pengertian umum dari keputusan yang baik yomemimo.com/tugas/6049885

Detail jawaban

Kelas: 5

Mapel: PPKn

Bab: Bab 4 - Keputusan Bersama

Kode: 5.9.4

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh zhella2108 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 06 Jun 21