1. Sandra adalah seorang pelatih (trainer) kebugaran. Akibat dari pandemi

Berikut ini adalah pertanyaan dari bdyoaau pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Sandra adalah seorang pelatih (trainer) kebugaran. Akibat dari pandemi Covid-19 ini, Sandra tidak bisa mengajar tatap muka karena tempat kebugaran ditutup. Sebagai alternatif, Sandra membuka kelas kebugaran berbayar secara online. Salah satu program yang ditawarkan oleh Sandra adalah kelas private yang mana Sandra akan menyediakan sesi konsultasi, video program latihan dan rancangan menu makanan. Awalnya, video program latihan dibuat hanya memuat Sandra sedang memberikan intruksi latihan. Beberapa peserta memberikan masukan untuk menambahkan lagu sebagai latar belakang video agar video lebih menarik. Sandra kemudian men-download beberapa lagu yang sedang populer dan menjadikannya sebagai pengiring video latihan. Kelas private yang diselenggarakan Sandra cukup banyak diminati oleh masyarakat umum.Pertanyaan:

Apakah ada pelanggaran hak kekayaan intelektual yang dilakukan oleh Sandra dalam kasus di atas? Apabila ada, jelaskan masing-masing pelanggaran yang dilakukan dan berikan analisis berdasarkan regulasi yang berlaku di Indonesia.

2. Grup band XYZ sejak 2 (dua) tahun yang lalu memiliki rencana untuk mengelar konser untuk merayakan 10 sepuluh tahun mereka berkiprah di industri musik Indonesia. Namun, pandemi virus Covid-19 membuat rencara konser tersebut tidak dapat dilaksanakan secara langsung (live). Untuk menyiasati hal tersebut, konser akan dilaksanakan secara virtual melalui media online. Sebelum pelaksanaan konser, penyelenggara telah menginformasikan bahwa konser virtual tersebut dilarang untuk direkam dengan media apapun. Sebagai pengemar grup band XYZ, Abdi mengikuti konser virtual dimaksud. Walaupun telah diinformasikan larangan untuk merekam, Abdi tetap merekam konser dengan menggunakan handphone dan menayangkan sebagian dari rekaman tersebut pada kanal youtube miliknya.

Pertanyaan:

Jelaskan jenis pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh Abdi pada kasus di atas?

3. Untuk keperluan presentasi, Ratna bermaksud berlangganan sebuah perangkat video animasi berbasis online, Mypresentation. Pada saat akan memperpanjang paket berlangganan, Ratna memperoleh penawaran diskon sebesar 50% dari paket berlangganan apabila memilih paket berlanganan selama 1 (satu) tahun. Penawaran tersebut hanya berlaku pada hari tersebut dan pembayaran wajib dilakukan selambat-lambatnya 1 x 24 jam sejak tanggal konfirmasi berlangganan dilakukan.

Tertarik dengan penawaran tersebut, Ratna memutuskan untuk memilih paket berlangganan 1 (satu) tahun dengan diskon harga berlangganan sebesar 50%. Pada hari yang sama, Ratna dengan melakukan transfer dengan cara mengakses website Bank Surya melalui perangkat smartphone dan selanjutnya melakukan transfer ke nomor rekening Bank Wastu yang tercantum pada perintah bayar.

Walaupun pembayaran dilakukan antar bank, namun transfer dana dapat dilakukan pada hari yang sama. Oleh karenanya, pembayaran seharusnya diterima oleh Mypresentation pada hari yang sama dengan tanggal dilakukannya transfer oleh Ratna. Namun, sampai dengan keesokan harinya Ratna belum menerima konfirmasi dari Bank Surya mengenai status transfer yang dilakukannya, namun harga pembayaran telah di-debit dari rekening Ratna. Selanjutnya, Ratna menghubungi Bank Surya. Berdasarkan penjelasan dari Bank Surya, pada waktu Ratna melakukan transfer terdapat kendala pada sistem elektronik Bank Surya sehingga mengakibatkan proses transfer dana tidak dapat diterima pada waktu yang sama. Oleh karena keterlambatan penerimaan pembayaran di rekening Mypresentation, Ratna tidak dapat menggunakan penawaran diskon 50% sebagaimana ditawarkan sebelumnya oleh Mypresentation.

a. Apakah transfer dana yang dilakukan oleh Ratna merupakan internet banking atau mobile banking? Jelaskan jawaban Saudara.

b. Berdasarkan regulasi di Indonesia, siapakah yang dapat dimintakan pertanggungjawabannya atas keterlambatan transfer dana yang dialami oleh Ratna tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Sandra melakukan kesalahan yakni pelanggaran hak intelektual berupa pelanggan hak cipta. Dimana dalam backsound yang digunakan menggunakan lagu seseorang yang mana dalam penggunaannya menghasilkan uang maka diperlukan pemberian royalti dan jika tidak perlu mendapatkan hak dari pemilik lagunya. Pelanggan hak cipta diatur dalam

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Pelanggaran dapat dipidana dengan kurun waktu 3 tahun dan denda antara 500 juta rupiah hal ini karena ia melanggar pasal 9 ayat 1 poin d .

2. Andi melakukan kesalahan yakni pelanggaran hak intelektual berupa pelanggan hak cipta. Dimana dalam menonton konser virtual ia merekam tanpa ijin dan menayangkan hasil rekaman di channel pribadi. Seharusnya diperlukan pemberian royalti dan jika tidak perlu mendapatkan hak ijin dari grup band tersebut.

3. (a) Jenis pembayaran yang dilakukan Ratna adalah ibanking atau internet banking. Hal ini karena dalam. pembayaran yang dilakukan, Ratna menggunakan website dalam pembayaran buka melalui aplikasi.

(b) Keterlambatan yang dialami Ratna dapat dimintai pertanggungjawaban yakni dari Bank Surya. Karena adanya kendala jaringan dalam pen-transferan.

Pembahasan :

Pelanggarab Hak Cipta merupakan suatu tindakan menggunkan tanpa ijin, mencuri atau mengambil hasil hak intelektual seseorang dan digunakan dalam kegiatan komersial.

Pelanggaran ini diatur dalam undang-undang No 28 Tahun 2014. Hukuman yang didapat dari melakukan pelanggaran hak cipta dibagi menjadi beberapa golongan tergantung dengan apa jenis pelanggaran yang dilakukan. Hal ini diatur dalam pasal 113. Pelanggaran dapat dipidana dengan kurun waktu 1-10 tahun dan denda antara 100 juta hingga 4 miliar rupiah.

Pelajari selengkapnya pada :

Pelajari selengkapnya mengenai contoh pelanggaran hak cipta, pada:

yomemimo.com/tugas/4265070

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 02 Sep 22