1. Sebuah perusahaan produsen perawatan kulit yang memproduksi krim pembersih

Berikut ini adalah pertanyaan dari kaurkertina pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Sebuah perusahaan produsen perawatan kulit yang memproduksi krim pembersihwajah, pelembab wajah, tabir surya, foundation dan produk perawatan kulit
lainnya menyasar kelompok usia remaja. (gunakan produk tabir surya sebagai
produk yang akan diiklankan)
a. Susunlah sebuah konsep komunikasi pemasaran dengan menggunakan selebriti
sebagai endorser! Deskripsikan pesan yang akan disampaikan, Deskripsikan siapa
selebriti yang akan digunakan dan jelaskan mengapa selebriti tersebut sesuai!
20
b. Jelaskan faktor apa yang membuat konsumen tertarik untuk mengikuti selebrity
tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Konsep komunikasi pemasaran menggunakan selebgram atau influencer:

  • Meningkatnya popularitas media sosial telah menyebabkan peningkatan permintaan untuk dukungan selebriti. Langkah pertama adalah menghubungi influencer atau selebgram, baik melalui email atau informasi kontak mereka yang tersedia di halaman media sosial mereka. Alangkah baiknya jika kita berbicara dengan sopan dan meminta rate card sebelum meminta kerjasama. Rate card adalah cara untuk memberikan informasi harga kepada merek, yang sering digunakan oleh influencer. Setelah memilih program yang sesuai dengan anggaran, kita dapat mengirim barang dan membayar biaya kepada influencer untuk menentukan kapan harus memposting. Setelah memposting, kita dapat meminta umpan balik dan wawasan dari postingan lain oleh influencer.
  • Selebgram atau influencer yang  akan gunakan adalah Tasya Farsya. Selain cantik Tasya Farsya memiliki followers yang banyak dan juga sebagai beauty influencer yang sesuai dengan produk yang diiklankan. Tasya Farsya memiliki pengaruh besar bagi followersnya karena sering kali memberikan endorsmen yang jujur dan menarik sehingga menjadi nilai plus bagi produk yang diiklankan.

Faktor yang membuat konsumen tertarik untuk mengikuti Tasya Farsya:

  • Selebgram yang ranahnya adalah dunia make up dan skin care.
  • Selalu membagikan tips make up.
  • Rekomendasi produknya selalu detail dan jujur.
  • Sering memberikan sharing produk sesuai rate harga dari yang murah sampai yang termahal.

Pembahasan

Pemasaran influencer adalah cara untuk menjangkau audiens yang besar melalui pemasaran online. Perusahaan dapat memilih dari berbagai strategi, tergantung pada kebutuhan dan tujuan mereka. Salah satu alasan bisnis sering mengundang orang-orang berpengaruh untuk berkolaborasi adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan ke target pasar yang ditentukan.

Pemasaran influencer sering dilihat sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau audiens yang lebih luas. Media sosial menjadi cara utama untuk menjalankan strategi influencer marketing ini karena cepat dalam menyebarkan informasi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang teknik marketing yomemimo.com/tugas/18740919

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ikarikayah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Sep 22