sebutkan dan jelaskan barang dan jasa sebagai alat pemenuh kebutuhan(jenis

Berikut ini adalah pertanyaan dari lilyamelya47 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan dan jelaskan barang dan jasa sebagai alat pemenuh kebutuhan(jenis jenis barang)


Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dengan banyaknya jenis kebutuhan manusia, tentunya banyak juga alat pemuas kebutuhan yang harus disediakan. Saat kamu lapar, alat pemuas kebutuhannya adalah makanan. Saat kamu lagi bosan, tentu butuh hiburan. Nah, untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia, ilmu Ekonomi membagi semua barang yang ada di dunia ke dalam beberapa golongan. Kalau dari segi wujudnya, alat pemuas kebutuhan manusia dibagi menjadi 2, yaitu barang dan jasa.

Nah kali ini Kelas Merdeka bakal ngebahas jenis barang berdasarkan kegunaannya dan hubungannya dengan barang lain. Menurut kegunaannya, barang atau alat pemuas kebutuhan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:

1. Barang konsumsi

Barang konsumsi adalah barang siap pakai karena manfaatnya langsung dapat diambil. Misalnya, makanan, minuman, dan pakaian.

2. Barang produksi

Barang produksi adalah barang yang berguna untuk menghasilkan barang yang lain. Barang produksi merupakan istilah lain dari barang modal. Misalnya, mesin jahit dan radio.

Sedangkan menurut kegunaannya, barang atau alat pemuas kebutuhan dapat digolongkan berdasarkan fungsi dan peranannya dalam hidup kita sehari-hari. Dalam golongan ini, barang bisa dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Barang substitusi

Barang substitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang fungsinya dapat menggantikan barang lain atau dapat saling menggantikan. Contohnya, pertamax bisa menggantikan bensin sebagai bahan bakar, atau cutter bisa menggantikan gunting saat memotong kertas.

b. Barang komplementer

Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat apabila dipakai bersama-sama dengan benda yang lain. Misalnya, jarum dengan benang, handphone dengan baterai, kompor dengan gas.

Kalau tahu barang-barang berdasarkan jenisnya, kamu akan bisa lebih cerdas dalam menentukan gimana caranya memenuhi semua kebutuhan itu. Ternyata, jenis alat pemuas kebutuhan itu mudah dimengerti, kan?

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh revejulieta dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Nov 22