Setiap pergantian Presiden RI, seringkali terjadi perdebatan (perbedaan pendapat) apabila

Berikut ini adalah pertanyaan dari jamuji pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Setiap pergantian Presiden RI, seringkali terjadi perdebatan (perbedaan pendapat) apabila ada kebijakan pemerintah terkait kenaikan harga BBM. Sebenarnya, apa dampak dari kenaikan atau penurunan BBM dilihat dari sudut pandang perekonomian Indoensia. Jelaskan ?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pengurangan subsidi BBM sudah dibatasi sejak 3 tahun lalu dengan harapan akan segera dapat Dirly realisir agar dana subsidi bisa dialihkan ke sektor lain yang tak kalah penting.

Namun tarik-menarik isu politik, kepentingan usaha dan tekanan publik, membuat ide ini sangat sulit diwujudkan.

Salah satu masalah terbesar yang muncul dari dinaikkannya harga BBM adalah kekuatiran akan terhambatnya pertumbuhan ekonomi karena dampak kenaikan harga barang dan jasa yang terjadi akibat komponen biaya yang naik.

Inflasi tidak mungkin dihindari karena BBM adalah unsur vital dalam proses produksi dan distribusi barang,kata peneliti dan direktur lembaga kajian migasReforminer Institute, Pri Agung Rakhmanto. Tetapi menaikkan harga BBM juga tak bisa dihindari karena beban subsidi membuat negara sulit melakukan investasi bidang lain untuk mendorong tumbuhnya ekonomi.

Dampak Ekonominya:

~ Inflasi lebih tinggi

~ Ongkos naik

~ Subsidi sejati

Penjelasan:

Semoga Bermanfaat ☺️

Jadikan Jawaban Terbaik ☺️

Terimakasih ☺️

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh yemimamahulae dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 11 Jul 21