mengapa ilmu ekonomi perlu diterapkan dalam kehidupan sehari hari

Berikut ini adalah pertanyaan dari humairah21 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mengapa ilmu ekonomi perlu diterapkan dalam kehidupan sehari hari

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kode Soal   : 10.12.01
Kelas           : X (1 SMA)
Pelajaran     : Ekonomi
Kategori      : Ilmu Ekonomi & Permasalahannya
Kata Kunci  : Manfaat, Kehidupan, Sehari-hari, Tugas Ekonomi



Ilmu Ekonomi perlu diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari karena prinsip dan teori-teori dalam Ilmu Ekonomi membantu seseorang berpikir RASIONAL dalam setiap tindakan ekonomi yang ia lakukan. Rasional dalam hal ini adalah mampu menakar untung dan rugi dalam setiap tindakan yang dilakukan.

Menurut pakar ekonomi ALFRED MARSHALL dan Prof. PAUL ANTHONY SAMUELSON, ilmu ekonomi pada hakekatnya adalah studi mengenai kegiatan sehari-hari manusia untuk mendapatkan dan menikmati kehidupan. Ilmu Ekonomi tak akan bisa dipisahkan dengan kegiatan manusia karena kegiatan seperti konsumsi pun termasuk ke dalam tindakan ekonomi.

Dengan berpikir rasional sesuai prinsip dan teori ilmu ekonomi maka seseorang bisa lebih cermat mengambil keputusan, mampu membedakan kebutuhan dan keinginan, cerdas mengelola keuangan, mampu membaca peluang dan resiko dan banyak lagi lainnya.

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan simak penjelasan pada tautan berikut: 

Pengertian Ilmu Ekonomi yomemimo.com/tugas/3010771
Manfaat Ilmu Ekonomi yomemimo.com/tugas/3819755

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 26 Oct 16