Kedua belah pihak yang bersangkutan di dalam negosiasi memiliki .....

Berikut ini adalah pertanyaan dari ruledamara5049 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kedua belah pihak yang bersangkutan di dalam negosiasi memiliki ..... untuk menentukan kesepakatan atau hasil akhir.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kedua belah pihak yang bersangkutan dalamnegosiasimemiliki hak yang sama untuk menentukan kesepakatan atau hasil akhir.

Pembahasan:

Negosiasi merupakan salah satu jenis interaksi sosial yang berupa perundingan yang bertujuan untuk mencapai kesepatan bersama, sehingga kedua belah pihak yang terlibat bisa saling diuntungkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Negosiasi adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak yang lain.

Negosiasi terdiri dari 5 tahap, yaitu:

  • Perencanaan

Sebelum melakukan negosiasi, kedua belah pihak yang terlibat harus melakukan beberapa persiapan. Persiapan ini meliputi proses pengumpulan informasi yang diperlukan untuk mendukung posisi masing-masing saat perundingan berlangsung.

  • Menentukan Aturan

Kedua belah pihak yang terlibat negosiasimenyepakati aturan-aturan sebelum melakukan prosesnegosiasi. Misalnya, siapa saja yang akan terlibat dalam negosiasi tersebut, serta masalah apa saja yang ingin dinegosiasikan, serta bagaimana tahap-tahap dalam perundingannya.

  • Penjelasan

Pihak yang terlibat harus menyatakan keinginan masing-masing. Mereka bisa memberi penjelasan yang dibutuhkan untuk menguatkan posisi masing-masing dalam negosiasi, penjelasan ini bisa didukung oleh dokumentasi dan bukti lainnya.

  • Penyelesaian Masalah

Setelah itu, proses tawar menawar pun terjadi. Sebenarnya, tujuan dari tahap ini adalah untuk mencari solusi dari masalah yang sedang dinegosiasikan. Setelah tawar menawar selesai, kedua pihak mencapai kesepakatan bersama tentang bagaimana mereka ingin menyelesaikan masalah yang ada.

  • Implementasi

Negosiasi pun ditutup. Kedua belah pihak yang terlibat sama-sama menjalankan apa yang sudah menjadi kesepakatan dalam negosiasi secara jujur dan benar.

Pelajari lebih lanjut:

Pengertian negosiasi yomemimo.com/tugas/61611

Teks negosiasi yomemimo.com/tugas/5190970

Apa itu negosiasi? yomemimo.com/tugas/2376835

Detail Jawaban:

Kelas          : SMP

Mapel         : Bahasa Indonesia

Bab            : Makna Kata Dalam Kamus

Kode           : -

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rizqynedia dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 22 Jun 21