Kebhinnekaan yang dimiliki bangsa Indonesia diantaranya​

Berikut ini adalah pertanyaan dari dnssetiawan993 pada mata pelajaran PPKn untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kebhinnekaan yang dimiliki bangsa Indonesia diantaranya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Bicara tentang Indonesia, hal pertama yang akan terpikir oleh kita tentu adalah sebuah negara kepulauan dengan pemandangan yang indah, beragam sajian kuliner yang istimewa, dan juga tentunya keramahan masyarakatnya. Selain ketiga hal tersebut, sebenarnya banyak fakta mengenai Indonesia yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat luas. Fakta – fakta tersebut diantaranya adalah fakta bahwa Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, dengan jumlah populasi lebih dari 258 juta jiwa pada tahun 2016, terdiri atas 1.340 suku bangsa, terdapat 6 agama resmi yang diakui negara, dan memiliki 546 bahasa daerah dengan bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia. Kebhinekaan yang ada di Indonesia adalah suatu kekayaan dan keindahan bangsa. Namun, di satu sisi kebhinekaan yang ada di masyarakat juga dapat menjadi suatu tantangan. Akhir – akhir ini isu kebhinekaan justru menjadi pemicu timbulnya konflik horisontal dalam masyarakat.

Sebenarnya apa makna dari kebhinekaan? Kebhinekaan artinya beraneka ragam, bermacam – macam, banyak, beragam, dll. Kebhinekaan merupakan realita yang tidak dapat di pungkiri keberadaanya, terdapat keanekaragaman dalam hal apapun yang sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka dan sebagai alat pemersatu dalam mewujudkan nasionalisme. Kebhinekaan bangsa Indonesia meliputi:

1. Kebhinekaan Mata Pencaharian

Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki kondisi alam yang berbeda-beda, sehingga masyarakat menyesuaikan cara hidupnya dengan alam disekitarnya. Kondisi alam juga mengakibatkan perbedaan mata pencaharian masyarakat. Sehingga kebhinekaan mata pencaharian tersebut dapat menjalin persatuan karena satu sama lain saling membutuhkan

2. Kebhinekaan Ras

Banyaknya kaum pendatang di Indonesia yang mengakibatkan terjadinya akulturasi baik pada ras, agama, kesenian maupun budaya. Ras di Indonesia terdiri dari Papua Melanesoid, Ras Weddoid, Ras Malayan Mongoloid. Kebhinekaan tersebut tidak mengurangi persatuan dan kesatuan karena tiap ras saling menghormati dan tidak menganggap ras – nya paling ungul.

3. Kebhinekaan Suku Bangsa

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh perairan. Pulau-pulau terisolasi dan tidak saling berhubungan. Akibatnya setiap pulau memiliki keunikan tersendiri baik dari segi budaya, adat istiadat, kesenian, maupun bahasa. Adanya kebhinekaan tersebut menjadikan Indonesia sangat kaya. Walaupun berbeda tetapi tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

4. Kebhinekaan Agama

Ada 6 agama resmi yang diakui negara yaitu: Islam, Kristen Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu serta aliran kepercayaan. Kebhinekaan agama sangat rentan akan konflik, tetapi dengan semangat persatuan, konflik tersebut dapat dikurangi dengan cara saling toleransi antar umat beragama.

5. Kebhinekaan Budaya

Budaya memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku manusia kearah yang lebih baik. Masuknya kaum pendatang juga mengakibatkan timbulnya kebhinekaan budaya di Indonesia sehingga budaya tradisional berubah menjadi budaya yang modern tanpa menghilangkan budaya asli Indonesia sendiri seperti budaya sopan santun, kekeluargaan dan gotong royong.

6. Gender

Perbedaan jenis kelamin adalah sesuatu yang sangat alami. Anggapan kuat bagi laki-laki dan lemah bagi perempuan, adalah tidak benar. Masing-masing mempunyai peran dan tanggungjawab yang saling membutuhkan dan melengkapi.

Berbagai kebhinekaan dalam masyarakat dan cita-cita luhur seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu membentuk NKRI dirumuskan dalam semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu jua. Keberagaman adalah hal yang tidak dapat di tolak oleh siapapun dan dengan cara apapun. Karena itu adalah hukum alam, Sunnatullah, kehendak Tuhan. Maka Indonesia adalah Bhinneka, dan Kebhinekaan adalah Indonesia. Meniadakannya adalah meniadakan Indonesia.

Dalam upaya memperkuat kebhinekaan, saat ini pemerintah melaksanakan beberapa program dan mengeluarkan berbagai kebijakan diantaranya menegakkan hukum secara tegas sesuai konstitusi, membangun kembali gotong royong, membangun kepercayaan diantara anak bangsa, mencegah diskriminasi, mengembangkan semangat musyawarah, membangun museum, dll. Dan kita sebagai generasi muda penerus bangsa marilah kita turut serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan saling bertoleransi, saling menghargai, menghormati serta tidak bersikap etnosentrisme. Jangan sampai kebhinekaan yang ada justru membuat kita lemah dan memicu konflik. Mari bersama bergandeng tangan menyongsong Indonesia yang jaya dan damai. BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH.

Penjelasan:

MAAF TERLALU BANYAK....

SEMOGA MEMBANTU.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh heniboyvers dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 07 Jun 21