131. Semakin besar MPC, semakin ..... A. besar pula MPS

Berikut ini adalah pertanyaan dari husnahanifah408 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

131. Semakin besar MPC, semakin .....A. besar pula MPS
B. kecil multiplier effect yang disebabkan oleh kenaikan pengeluaran pemerintah
C. besar multiplier effect yang disebabkan oleh kenaikan pajak
D. besar pula koefisien balance budget multiplier ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pendahuluan

Secara umum, untuk memperoleh rumus multiplier effect dapat digunakan cara yang terdapat digambar di atas. Multiplier pajak (Tx) dapat dihitung dengan rumus b/(1-b), dengan b = MPC. Sedangkan pengeluaran pemerintah (G) dapat dihitung dengan rumus 1/(1-b).

Pembahasan

A. Semakin besar MPS

MPS dapat dihitung dengan rumus MPS = 1 - MPC

Misal,

MPC = 0.6, maka MPS = 1 - 0.6 = 0.4

MPC = 0.8, maka MPS = 1 - 0.8 = 0.2

Jadi, dari dua permisalan diatas, ternyata diperoleh bahwa semakin besar MPC, ternyata MPS akan semakin kecil. Jadi jawaban A adalah salah.

B. Semakin kecil multiplier effect yang disebabkan oleh kenaikan pengeluaran pemerintah

Multiplier untuk G adalah 1 / (1 - b)

Kita misalkan,

MPC = 0.6, maka k = 1 / (1 - 0.6) = 2.5

MPC = 0.8, maka k = 1 / (1 - 0.8) = 5

Jadi, dari dua permisalan diatas, diperoleh hasil bahwa semakin besar MPC, maka koefisien multiplier untuk pengeluaran pemerintah akan semakin besar. Jadi jawaban B juga salah.

C. Semakin besar multiplier effect yang disebabkan kenaikan pajak

Multiplier untuk Tx adalah b / (1 - b)

Kita misalkan,

MPC = 0.6, maka k = 0.6 / (1 - 0.6) = 1,5

MPC = 0.8, maka k = 0.8 / (1 - 0.8) = 4

Jadi, dari dua permisalan diatas, diperoleh hasil bahwa semakin besar MPC, maka koefisien multiplier untuk kenaikan pajak akan semakin besar juga. Jadi jawaban C adalah benar.

Kesimpulan

Jawaban yang benar adalah C. Semakin besar multiplier effect yang disebabkan oleh kenaikan pajak

PendahuluanSecara umum, untuk memperoleh rumus multiplier effect dapat digunakan cara yang terdapat digambar di atas. Multiplier pajak (Tx) dapat dihitung dengan rumus b/(1-b), dengan b = MPC. Sedangkan pengeluaran pemerintah (G) dapat dihitung dengan rumus 1/(1-b).PembahasanA. Semakin besar MPSMPS dapat dihitung dengan rumus MPS = 1 - MPC Misal,MPC = 0.6, maka MPS = 1 - 0.6 = 0.4MPC = 0.8, maka MPS = 1 - 0.8 = 0.2Jadi, dari dua permisalan diatas, ternyata diperoleh bahwa semakin besar MPC, ternyata MPS akan semakin kecil. Jadi jawaban A adalah salah.B. Semakin kecil multiplier effect yang disebabkan oleh kenaikan pengeluaran pemerintahMultiplier untuk G adalah 1 / (1 - b)Kita misalkan,MPC = 0.6, maka k = 1 / (1 - 0.6) = 2.5MPC = 0.8, maka k = 1 / (1 - 0.8) = 5Jadi, dari dua permisalan diatas, diperoleh hasil bahwa semakin besar MPC, maka koefisien multiplier untuk pengeluaran pemerintah akan semakin besar. Jadi jawaban B juga salah.C. Semakin besar multiplier effect yang disebabkan kenaikan pajakMultiplier untuk Tx adalah b / (1 - b)Kita misalkan,MPC = 0.6, maka k = 0.6 / (1 - 0.6) = 1,5MPC = 0.8, maka k = 0.8 / (1 - 0.8) = 4Jadi, dari dua permisalan diatas, diperoleh hasil bahwa semakin besar MPC, maka koefisien multiplier untuk kenaikan pajak akan semakin besar juga. Jadi jawaban C adalah benar.KesimpulanJawaban yang benar adalah C. Semakin besar multiplier effect yang disebabkan oleh kenaikan pajak

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh seegit dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Sep 22