Pt telaga mengunakan insentif sistem taylor dengan menetapkan standar upah

Berikut ini adalah pertanyaan dari andrerezpector6513 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pt telaga mengunakan insentif sistem taylor dengan menetapkan standar upah satu minggu ( 40 jam )rp 160.000 dengan hasil standar 1.000 unit atau upah standar per unit rp 160, pt telaga memberikan tarif 110 % dari upah standar jika menghasilkan produk diatas standar, dan tarif 90% dari upah standar jika menghasilkan dibawah standar. bagas salah satu karyawannya menghasilkan produk selama seminggu (40 jam) sebanyak 1.100 unit, berapakah upah yang harus dibayar pt telaga:

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

PT. Telaga mengunakan insentif sistem taylor dengan menetapkan standar upah:

Satu minggu ( 40 jam ) = Rp 160.000 dengan hasil standar 1.000 unit atau upah standar per unit Rp160,

PT. Telaga memberikan:

Tarif 110 % dari upah standar jika menghasilkan produk diatas standar.

Tarif 90% dari upah standar jika menghasilkan dibawah standar.

Bagas salah satu karyawannya menghasilkan produk selama seminggu (40 jam) sebanyak 1.100 unit.

Upah yang harus dibayar PT. Telaga kepada Bagas adalah:

               1.100 unit x Rp160/unit x 110% = Rp193.600

Pembahasan

Sistem upah insentif adalah sebuah metode pengupahan yang dilakukan perusahaan untuk merangsang produktivitas pekerjanya untuk mencapai target tertentu yang akan dihargai dengan penambahan besaran dari upah standar apabila mencapai atau melebihi target yang telah ditentukan perusahaan. Konsep pengupahan insentifini adalah sebuah solusiwin-win dimana baik pekerja maupun perusahaan keduanya menikmati keuntungan bersama. Dengan diterapkan sistem insentif ini maka para pekerja akan bekerja lebih maksimal karena ada target yang harus dicapai yang akan diberi imbalan bayaran lebih.

Namun, sebaliknya berlaku pula ketentuan berbalik yang sering disebut dengan istilah “reward and punishment (imbalan dan hukuman)” dimana apabila tidak mencapai target maka akan ada hukuman penurunan imbalan upah dari yang standar.

Dengan adanya ketentuan imbalan dan hukuman ini maka pekerja dituntut pula tugas dan tanggung jawabnya untuk dapat berkontribusi secara maksimal untuk perusahaan dimana mereka bekerja.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Perbedaan Gaji dan Insentif yomemimo.com/tugas/8352490

Pelajari lebih lanjut tentang Sistem Upah yomemimo.com/tugas/8352490

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 27 Sep 22